Monetize your website traffic with yX Media
Monetize your website traffic with yX Media

SHOLAWAT MIFTAHUL ASROR MUKADDIMAH

yX Media - Monetize your website traffic with us
SHOLAWAT MIFTAHUL ASROR
MUKADDIMAH 
بسم الله الرحمن الرحيم . الحمد لله رب العالـمين. والصلاة والسلام علي سيد الـمرسلين سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين

Dari ujung barat samapi ujung timur, begitu banyak para pecinta Rasulullah , mereka sedang asyik masyuk dalam lautan cinta dengan mengikuti sunah-sunnahnya. Dalam keseharian mereka berusaha untuk selalu dapat meneladani dan memraktikkan sifat-sifat Rasulullah hal inilah yang diajarkan oleh para lama’ salaf shalih dari generasi ke generasi hingga sampai detik ini, sebab Diutusnya Rasulullah tak lain adalah sebagai bembawa kabar gembira bagi orang-orang yang beriman dan juga sebagai ancaman bagi para pendusta agama. Tugas pokok diutusnya Rasulullah adalah sebagai penyempurna akhlak “Innamaa bu’itstu li utammima makarimal akhlaq

Dan diantara para ulama’ yang notabenya sebagai “pewaris para nabi” Sayyid Muhammad bin Idris Ad-Dibaghi (1352 H) mengarang sebuah kitab yang isinya keutamaan Sholawat dan Salam atas Kanjeng Rasul Muhammad pada tahun 1332 H. Kitab itu diberi nama “MIFTAHUL ASROR IFII MAA YATA’ALLAQU BIS-SHOLATI ‘ALA SAYYIDIL ABRORI” yang artinya “Kuncinya beberapa rahasia yang berkaitahn dengan bacaan sholawat kepada pengulu kebaikan”.
Semoga Allah menjadikan tulisan ini sebagai penyelamat bagi kita dari api neraka dan mendekatkan kita kepada Dzat yang Maha Mulia lagi Maha Perkasa. Semoga dengan tulisan ini Allah menjadkan terbukanya pintu-pintu kebaikan dan datangnya keberkahan bagi setiap pembaca di blog panglawung.blogspot.com ini.   

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga kesejahteraan dan keselamatan selalu tercurahkan kepada baginda Nabi Agung Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam.  Segala puji bagi Allah, Dzat yang mengangkat kemulaan dan keagungan nabi Muhammad . Membaca sholawat adalah perintah Allah dan juga mengagungkan kemuliaan Nabi Muhammad . Adapun fadhilah atau keutamaan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad adalah seperti pernyataan-pernyataan berikut ini :
1.        Saat haji Wada’ kanjeng Rasul berpesan yang artinya “berhajlah kalian semua, sebab didalam haji yang telah diwajibakn itu dua puluh kali lipat lebih utama dari pada berjuang di jalan Allah. dan berjihad di jalan Allah itu ada 20 keagungan. Dan Sesungguhnya bersholawat kepadaku itu keutamaannya sebanding dengan berjihad dan berhaji”
2.        Barang siapa yang ingin mendapatkan Ridlo Allah dan rasul-Nya maka perbanyaklah membaca sholawat kepada Nabi Muhammad
3.        Barang siapa mau bershalawat kepada Nabi Muhammad 100 x (seratus kali) setiap harinya, maka ia digolongkan sebagai orang-orang yang selalu beribadah sepanjang waktu.
4.        Barang siapa mmebaca sholawat 100x (seratus kali) maka Allah akan mengabulak segala kebutuhannya, hajat yang ke-70 akan di turunkan besok di hari kiamat dan hajat yang ke-30 diturunkan di dunianya.
5.                         Barang siapa menjadikan bacaan sholawat sebagai ibadahnya (setiap pekerjaannya selalu diiringi dengan bacaan sholawat), maka Allah akan mengabulkan semua hajatnya di dunia.
6.                         Barang siapa membaca sholawat 100 x (seratus kali) maka api neraka akan menyingkir darinya.
Syekh Abu ja’far bin Wuda’ah berkata “ Kanjeng Rasul Muhammad memerintakan kepada salah satu golongan dari para saabatnya untuk menjadikan sholawat sebagai wirid mereka, mengingat begitu banyaknya fadhilah dan pahalanya membaca sholawat.”
Dikatakan bahwa “Rasulullah tidak pernah berhenti meminta kepada Allah tentang umatnya, apakah Allah sudah Meridloi umatnya atau belum, hingga turunlah ayat 6 dalam surat Ar-Ro’du yan artinya “Sesunggunya Tuhanmu (Muhammad ) adalah Memiliki Ampunan bagi manusia aas kezaliman mereka.”.”
Selama hidupnya bahka sampai meninggalnya Kanjeng Rasul Muhammad selalu sibuk mengurus (memperhatikan) umatnya  dan selalu memohon agar umatnya selalu dekat dengan Allah dan dijauhkan dari siksa api neraka, lantas kenapa kita sebagai umat Muhammad tidak mau membaca sholawat kepadanya ?
Ada 3 (tiga) orang yang kelak bisa berlindung dibawah naungan ‘Arasy, sebab saat itu tidak ada perlindungan lain selain Perlindungan dari Allah. “lalu siapa mereka Ya Rasulalalloh?” tanya salah seorang sahabat Nabi. Kemudian kanjeng Nabi pun bersabda “Yaitu (1) orang yang mau membantu kesulitan umatku. (2) orang yang mau menghidupkan (menjalankan) sunah-sunahku, dan yang ke (3) adalah orang yang banyak membaca sholawat kepadaku.”
Abdur Rahman bin bin ‘Auf RA, berkata bahwa Rasulullah bersabda “Jibril telah mendatangiku dan berkata : Ya Muhammad, tidak akan membaca sholawat sekali saja salah seorang dari umatmu kecuali 70.000 malaikat akan bershalawat kepadanya. Dan barang siapa dibacakan sholawat oleh para malaikat kecuali surga sebagai balasannya. Barang siapa mmebaca sholawat sekali saja maka Allah akan brshalawat (restu) kepadanya sebanyak 10x (sepulu kali). Barang siapa bershalawat kepadamu sebanyak 10x (sepuluh kali) maka Allah akan bershalawat (merestuinya) sebanyak 100x (seratus kali). Dan barang siapa bershalawat 100x (seratus kali) maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak 1.000x (seribu kali). Dan barang siapa membaca sholawat sebanyak 1.000x (seribu kali) maka sayap-sayapku (malaikat jibril) akan melindunginya didepan hingga pintu surga, dan Allah mengharamkan jasadnya bagi neraka.”
Barang siapa memperbanyak membaca sholawat atsa Nabi Muhammad maka dihari kiamat Allah akan memuliakannya dengan balasan surga yang penuh dengan kebahagiaan dan kenikmatan. Sesunggunya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat atas Nabi Muhammad, wahai rang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian kepada nabi Muhammad dan bersalamlah (membaca salam doa keselamatan) kepadanya.       
  
﴿فَصْلٌ : فِى ذِكْرِ الصَّلَاةِ عَلَى النَّبِيِّ ﷺ ﴾
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إبْرَاهِيْمَ, وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَـمِيْنَ إنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِــيِّى اْلأُمِّــيِّ وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ مَنْ أَشْرَقَتْ فِى اْلـمَكْنُوْنَاتِ شَمْسُ مَعَارِفِهِ وَأَسْرَارِهِ, وَأَفْضَلِ مَنْ تَشَرَّفَ الْوُجُوْدَ بِطَلْعَةِ ظُهُوْرِهِ وَأَنْوَارِهِ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ شَجَرَةِ الرَّحْمَةِ الَّتِى مَنْ تَعَلَّقَ بِـهَا نَالَ مِنَ الرَّحْمَةِ مَا لَا يُوْصَفُ بِحَصْرٍ وَلَا تَـــكْيِـيْفٍ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَفْوَةَ الْوَاصِلِــيْنَ وَيَـنْبُوْعِ السَّعَادَةِ وَقُدْوَةِ أَهْلِ النَّجَاحِ وَإِمَامِ الْـمُخْلَصِيْنَ ۝
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga Nabi Muhammad seperti kesejahteraan yang telah Engkau limpahkan kepada Nabi Ibrahim beserta keluarganya, limpahlanlah pula keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya seperti keberkahan yan telah Engkaun limpahkan kepada Nabi Ibrahim  beserta keluarganya, karena Engkaulah Dzat Yang Maha Terpuji lagi  Maha Mulia.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sebagai Hamba-Mu dan juga Utusan-Mu, Nabi yang Ummy, limpahkanlah pula keselamatan kepadanya juga keluarga dan para sahabatnya.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sebaik-baik orang yang cahaya matahari kemakrifatan dan rahasianya bercahaya di alam nyata. Dan orang yang paling mulia yang karenanya semua perwujudan menjadi mulia sebab munculnya cahaya kemuliaannya.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad pohonnya (rahmat) kasih sayang yang dengan rahmat itulah orang-orangpun memperoleh rahmat yang tidak bisa dikiaskan dan tidak pula dapat dihitung jumlahnya.
اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَظِيْمِ الْـكَرَامَةِ وَالْـمُعْجِزَاتِ وَالْـمَئَآثِرِ وَخَيْرِ مَنْ نَصَحَ الْعِبَادَ فِى الْـمَحَافِلِ وَالْـمَنَابِرِ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَامِلِ الْـمَحَاسِـيْنِ اْلأَحْمَدِيَّةِ الَّذِىْ كَانَتْ ذَاتُهُ دَائِمًا مُسْتَغْرِفَةً فِى بُحُوْرِ اْلأَسْمَآءِ وَالصِّفَاتِ اْلأَحَدِيَّةِ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ مَنْ لَاذَ بِهِ الْـمُسْتَجِــيْرُ وَدَعَاهُ, وَأَفْضَلِ مَنْ دَخَل الْخَائِفُوْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تَحْتَ لِوَائِهِ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قُطْبُ السِّيَادَاِت وَالْـمَجْدِ وَالْفَخَارِ, وَخَيْرِ مَنْ تَهَجَّدَ لِرَبِّهِ ءَانَآءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَفَ النَّـهَارِ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَيْنِ سِرِّ الْوُجُوْدِ بِلِسَانِ كُلِّ مَعْدُوْمٍ وَمَوْجُوْدٍ, مَنْ خَبَاهُ اللهُ وَأَكْرَمَهُ بِمِنَّةٍ وَعَطاءٍ وَفَضْلٍ وَجُوْدٍ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ مَنِ اقْتَبَسَتْ مِنْهُ بُدُوْرُ الْــكَائِنَاتِ ضِيَائَـهَا, وَبِهِ سِائِرُ الْـمَخْلُوْقَاتِ لَمْ تَقْطَعْ مِنَ اللهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ رَجَاءَهَا ۝
اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قِبْلَةَ دُعَائِى وَرَغْبَتِى وَخَيْرِ مَنْ أَرْجُوْهُ فِى الشَّدَائِدِ لِدَفْعِ هُمُوْمِى وَتَفْرِيْجِ كُرْبَـــتِى, الَّذِىْ قَاَل (إِذَا عَصَفَ الصِّرَاطُ بِأُمَّــتِى نَادَوْا وَامُحَمَّدَاهُ وَامُحَمَّدَاهُ, فَأُبَادِرُ مِنْ شِدَّةِ إِشْفَاقِى عَلَيْـهِمْ وَجِبْرِيْلُ آخِذٌ بِحُجْرَتِى, فَأُنَادِىْ رَافِعًا صَوْتِى : رَبِّ أُمَّــتِى, رَبِّ أُمَّـتِى, لَا اَسْأَلُكَ الْيَوْمَ نَفْسِى وَلَا فَاطِمَةَ ابْنَــتِىْ ) ۝
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad murinya orang yang benih hatinya, sumbernya keberuntungan, langkahnya ahli keselamatan, dan pemimpinnya ahli keikhlasan.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad yang agung kemuliaannya, yang memilikim mukjizat yang membekas, dan sebaik-baik orang yang menasehati kepada para hamba baik ditanah lapang maupun di atas mimbar.
 Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sempurnanya orang yang paling bagus didalam pemujaanya, dimana dzatnya tetap abadi yang tenggelam dalam lautan Asma’ dan Sifat ke-Ahadiyah-an (ke Esa-an Tuhan)
  Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sebaik-baik orang yang memberikan kenikmatan kepada orang yang berdekatan dengannya. Dan sebaik-baik orang yang  menjadi tempat berlindung dibawah panji-paniinya bagi orang-orang yang ketakutan saat di hari kiamat.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad rajanya taun (pengulu), rajanya keagungan (kemuliaan) dan raja yang dibanggakan. Dan sebaik-baik orang yang bertahajud kepada Tuhannya baik diwaktu tengah malam maupun di ujung siang.
 
اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَيْنِ سِرِّ الْوُجُوْدِ بِلِسَانِ كُلِّ مَعْدُوْمٍ وَمَوْجُوْدٍ. مَنْ حَبَّاهُ اللهُ وَأَكْرَمَهُ بِمِنَّةٍ وَعَطَآءٍ وَفَضْلٍ وَجُوْدٍ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ مَنِ اقْتَبَسَتْ مِنْهُ بُدُوْرُ الْكَائِنَاتِ ضِيَائَـهَا, وَبِهِ سَائِرُ الْـمَخْلُوْقَاتِ لَمْ تَقْطَعْ مِنَ اللهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ رَجَاءَهَا ۝
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad matanya rahasia perwujudan dengan lisannya segala sesuatu yang nampak maupun yang tidak nampak. Seseorang yang paling dicintai dan yang palin dimuliakan oleh Allah dengan memberinya anugerah dan keutamaan serta kedermawanan.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sebaik-baik orang yang menggantikan terangnya cahaya purnama di dunia nyata. Dan dengannya semua makhluk berharap kepada Allah melalui cahaya tersebut.
اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ زَيْنِ اْلإِسْمِ الْـمَرْسُوْمِ فِى صَفْحَاتِ الْقُلُوْبِ الْـمُقَيَّدِ, وَطِرَازِ حُلَّةِ النَّعِيْمِ الْـمُؤَبَّدِ, وَخَيْرِ مَنْ جَلَسَ عَلَى سَرِيْرِ الْـمَمْلَـــكَةِ وَتَفَرَّدَ, وَأَفْضَلِ مَنْ تَخَلَّصَ عَمَلُهُ مِنَ اْلإِرَادَاتِ وَتَجَرَّدَ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ مَنْ أَطْلَعَهُ اللهُ عَلَى عِلْمِ اْلأَوَّلِـــيْنَ وَاْلآخِرِيْنَ, وَأَفْضَلِ مَنْ جَعَلَهُ اللهُ الْقُدْوَةَ الْعُظْمٰى لِكَآفَّةِ الْخَلْقِ أَجْمَعِــيْن, مَنْ أُنْزِلَ عَلَيْهِ فِى الذِّكْرِ الْحَكِيْمِ ﴿يٰسٓ, وَالْقُرْآنِ الْحَكِيْمِ, إِنَّكَ لَـمِنَ الْـمُرْسَلِــيْنَ, عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ﴾ ۝
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sebaik-baik orang yang telah diperlihatkan oleh Allah dimana ilmunya diatas ilmu orang-orang terdahulu da orang-orang di masa mendaang. Dan sebaik-baik orang yang telah Allah Ciptakan (dengan memberinya) langkah yang penuh dengan keagungan untuk seluruh makhluk. Seorang Nabi yang di beri Al-Qur’an “Yaasiin (nama lain dari Nabi Muhammad ) demi Al-Qur’an yang menghukumi, sesungguhnya engkau (Muhammad ) adalah seorang yang diutus, yang berjalan diatas jalan yang lurus.”

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ مَنْ أَلَّفْتَ بِهِ بَـــيْنَ قُلُوْبٍ مُخْتَــلِفَةٍ وَأَهْوَاءٍ مُشْتَــتَةٍ, وَأُمَمٍ مُفْـــتَرِقَةٍ, فَصَارَتْ بِسَبَبِهِ مُؤْتَـــلِفَةٍ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْــكَائِنَاتِ عَلَى اْلإِطْلَاقِ, مَنْ أُسْرِيَ بِهِ إِلَى السَّبْعِ الطِّبَاقِ, وَوَصَلَ إِلَى مَقَامٍ يَجِلُّ عَنِ اللَّفْظِ وَالْـمَعْنٰى, كَمَا قَالَ تَعَالٰى : ﴿فَكَانَ قَابَ قَوْسَيْنِ أَوْ أَدْنٰى﴾ ۝
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sebaik-baik orang yang telah Engkau satukan antara hati yang terpisah-pisah dengan hawa yang tercerai berai, penyatu umat yang terpecah belah, maka jadilah penyatuan yang terpadu.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad taunnya seluruh makhluk secara mutlak, yaitu orang yang telah di Isro’kan sampai pada tujuh tingkatan, hingga sampailah ia pada tingkatan (maqom) kemuliaan secara lafdzhi maupun maknawi.
    
اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الرَّسُوْلِ جَدَّ اْلحَسَنَـــيْنِ وَأَبِ الْبَتُوْلِ سَيِّدِ اْلأَوَّلِـــيْنَ وَاْلآخِرِيْنَ الْـمُرْسَلِ رَحْمَةً إِلَى سَائِرِ الْعَالَـمِــيْنَ, سَيِّدِىْ وَحَبِـــيْــبِىْ وَقُرَّةِ عَيْنِى, وَخُلَاصَةِ وُدِّىْ وَطَبِــيْــبِىْ, صَاحِبِ اْلوَجْهِ اْلأَسْعَدِ وَالْـمَقَامِ اْلأَوْحَدِ, مَنْ كَـلَّمَهُ الضَّبُّ وَقَالَ لَهُ : مَنْ أَنَـا ؟ فَقَالَ لَهُ : أَنْتَ مُحَمَّدٌ. فَيَا سَيِّـدَ اْلأَنْـبِيَآءِ وَنُخْبَةِ اْلأَصْفِيَآءِ أَشْكُوْ إِلَيْكَ أُمُوْرًا تَضِيْقُ عَنْ حَمْلِهَا اْلأَوْرَاقُ, وَلَا تَسَعُهَا فِى الْحَقِيْقَةِ اْلآفَاقِ, وَهِيَ أَجْدَرُ مِنْ أَنْ لَا تَخْفٰى عَلَيْكَ, وَفِيْكَ يَارَسُوْلَ اللهِ انْطَوَتْ جَمِيْعُ الْـكَائِنَاتِ وَمِنْكَ وَإِلَيْكَ, فَعِلْمُكَ بِالْحَالِ يُغْنِى عَنْ شَرْحِ السُّؤَالِ, فَـــكَيْفَ وَقَدْ قُلْتَ يَاصَاحِبَ الْخَلْقِ الْعَظِيْمِ (تَوَسَّلُوْا بِجَاهِى إِنَّ جَاهِى عِنْدَ اللهِ عَظِيْمٌ) ۝
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad kakenya hasan dan Husain, ayahnya Fathimah Az-zahro’ Al-Bathul, tunnya orang-orang terdahulu dan orang-orang dimasa mendatang. Yang diutus sebagai rahmat bagi seluruh alam. Tuan junjunganku, kekasihku, manik kedua mataku, penyembuhku, pemilik muka keceriaan dan bersatuannya kedudukan, orang yang berbicara dengan Dhob (biawak secara langsung) dan berkata “Siapa saya?” Dhob menjawab “Engkau adalah Muhammad .” Duhai tuannya para Nabi, pilihannya para sufi (ahli kejernihan jiwa), hamba mengadu kepadamu tentang sempitnya masalah kami yang sangat berat, dan tak seorangpun yang mampu untuk menanggungnya. Dan kesemuannya itu tiadak ada kesamaran sedikitpun disisimu. Dan dengamu, darimu, dan kepadamulah Wahai Rasulullah , semua alam semesta dilipatkan. Maka dengan ilmumu seketika semua soal dapat terjawab, seperti Sabdamu “Bertawasullah kalian semua dengan kedudukanku (derajatku), sebab keduukanku sangat Agung di Sisi Allah”
   
اَللّٰهُمَّ إنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ الَّذِىْ لَا يَمْلِــكُهُ غَــيْرُكَ, وَأَسْأَلُكَ التَّوْفِيْقُ لِطَاعَتِكَ, وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَيْضِ كَرَمِكَ الْعَظِيْمِ, أَنْ تَحْفَظْنِى مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ, بِرَحْمَتِكَ يَارَؤُوْفُ يَارَحِيْمُ يَاحَلِيْمُ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ الَّذِىْ كَاَن مَجْبُوْلًا عَلى حُسْنِ مَكَارِمِ اْلأَخْلَاقِ فِى اَصْلِ خِلْقَـتِهِ, وَإِنَّـهَا لَمْ تَحْصُلْ لَهُ بِاكْـتِسَابٍ وَلَا بِرِيَاضَةٍ وَلَا بِمُجَاهَدَةٍ بَلْ هِيَ إِكْرَامٌ مِنَ اللهِ تَعَالٰى لِجَمِيْلِ صُوْرَتِهِ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ مَنْ جَعَلْتَ حَقِيْقَتَهُ اْلأَحْمَدِيَّةُ مِنَ السِّرِّ الْـمَكْنُوْنِ, وَاْلأَمْرِ الْـمَصُوْنِ, وَمَظْــهَرًا لِقَوْلِكَ ﴿إنَّمَا قَوْلُنَا لِشَيْئٍ إِذَا أَرَدْنَاهُ أَنْ نَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَــكُوْنُ﴾ ۝
Ya Allah, hamba memohon kepada-Mu berharap Anugerah-Mu yang Agung, ang tidak dimilikim oleh selain Engkau. Dan hamba menhgharapkan petunjuk-Mu untuk dapat bertaat kepada-Mu. Dan hamba memohon kepada-Mu untuk meloberkan kemuliaan dan keaguna-Mu kepada hamba. Jagalah hamba dari godaan syetan yang terkutuk. Duhai Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad pemilik akhlak yang paling sempurna didalam penciptaannya. Anugerah yang beliau dapatkan tanpa usaha, tanpa riyadhoh (latihan) tanpa mujahadah (nemen-nemeni), akan tetapi itu adalah kemuliaan yang diberikan oleh Allah kepadanya.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sebaik-baik orang yang telah Engkau ciptakan hakikat yang terpuji dari ahasianya segala rahasia yang diciptakan, dari segala sesuatu yang disusun dan bukti Firman-Mu “Sesungguhnya Ucapan-Ku bagi segala sesuatu adalah jika mengehndakis sesuatu maka Aku berkata KUN (jadi) maka FAYAKUN (jadilah).”

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ حَبِيْبِكَ الْعَالِيِّ الْقَدْرِ وَالْـمَنْــزَلَةِ وَالرِّفْعَةِ وَالْجَاهِ, وَمَا خُصَّ بِـهٰذِهِ الْـمَزِيَّةِ إِلَّا سَيِّدُنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الْفَاتِحِ لِخَزَائِنِ رَحْمَةِ اللهِ, الْـمُتَخَلَّقُ بِأَخْلَاقِ الرَّحْمَةِ فِى سِرِّهِ وَنَجْوَاهُ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَيْنِ أَعْيَانِ الْـمُكَوِّنَاتِ, وَأَكْرَمِ مَنْ مَضٰى وَهُوَ آتٍ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نُوْرِ اْلأَنْوَارِ وَسِرِّ اْلأَسْرَارِ وَبَحْرِ الْعُلُوْمِ اللَّدُوْنِـــيَّةِ مِنْ فَيْضِ كَرَمِ اللهِ الْعَزِيْزِ الْغَفَّارِ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ جَوْهَرَةِ الْحُسْنِ وَالْجَمَالِ وَعُنْصُرِ الْبَـهَاءِ وَالْبَـهْجَةِ وَالْـــكَمَالِ, الَّذِى جَعَلَهُ اللهُ صَلَاتَنَا عَلَيْهِ طَرِيْقًا لِجَنَّـــتِهِ وَأَصْلًا فِى مَحَبَّــتِهِ, وَجَعَلَ تَعْظِيْمًا فِى اْلإِقْــتِدَاءِ بِسُنَّــتِهِ ۝
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad kekasih-Mu yang luhur derajatnya, yang tinggi kedudukan dan pangkatnya, dan tidak seorangpun yang memilikinya kecuali Junjungan kami Nabi Muhammad bin Abdullah, sang pembuka gudang-gudangnya Ramhat. Pemiliki akhlak yang welas asih baik dibalik rahasianya maupun kenyataannya.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad matanya seluruh penglihatan alam semesta, dan paling mulianya diantara orang-orang terdahulu dan dmasa depan.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad cahaynya seluruh cahaya, rahasianya seluruh rahasia, samuderanya ilmu pengetahuan bangsa ke-Ilahiyah-an yang berasal dari keloberannya sifat Kemuliaannya Allah zat yang Maha Mulia lagi Maha Pengampun.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad mutiaranya kebagusan dan kecantikan asal musalnya unsur kebahagiaan dan kesempurnaan, dimana sholawat kami yang Allah jadikan sebagai jalan kesurga, dan sebagai pokoknya rasa cinta kepadanya, dan Allah menjadkan keagungan (bagi kami) dengan (cara) mengikuti dan menjalankan sunnhnya.    
اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا طَلَعَتِ الشَّمْسُ عَلَى بَيْتِ اللهِ الْحَرَامِ, وَعَدَدَ مَنْ طَافَ بِهِ وَتَــهَجَّدَ هُنَاكَ بِالسُّجُوْدِ وَالرُّكُوْعِ وَالْقِيَامِ ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سِرِّ اْلأَسْرَارِ الظَّاهِرَةِ وَالْخَفِيَّةِ وَبَحْرِ الْعُلُوْمِ وَمَنْبَعِ الْكَرَامَاتِ الزَّكِــيَّةِ, صَلَاةً تُـــكْرِمُنِى بِنَوَالِهَا وَتُؤْنِسُنِى بِأَنْوَارِهَا وَتَلْحَظُنِى بِأَسْرَارِهَا وَتَسْتُرُنِى بِرِدَائِـهَا وَتُـلْهِمُنِى لِقِرَآئَـتِـهَا وَتَرْحَمُنِى بِــإِجَابَــتِـهَا ۝ اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ الصَّحْبِ وَاْلآلِ, وَعَدَدَ الشُّهَدَآءِ مِنْ أُمَّـتِهِ وَاْلأَقْطَابِ وَاْلأَبْدَالِ, وَعَدَدَ مَا خَلَقَ اللهُ مِنَ الْـمَلَائِـــكَةِ فِى السَّمٰوٰاتِ وَاْلأَرْضِيْنَ وَالْجِبَالِ ۝
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad  sebanyak terbintnya matahari di baitul Haram (Makkah) dan sebanyak orang-orang yang thowaf disana, dan sebanyak orang-orang yang berjahajud, sujud, ruku’ dan mendirikan sholat di (depan Ka’bah) sana.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad rahasianya rahasia yang terungkap dan yang masih tersamarkan, samuderanya ilmu da sumbernya keramat (kemuliaan) yang suci. Dengan bacaan sholawat (tersebut) kami bisa memperoleh kemuliaan dan siluit cahayanya itu. Sholawat yang dapat menutupi (keburukan kami) dan menggantinya dengan ilham, dengan bacaan sholawat yang dapa mengabulkan (segala hajat kami) dan kami pun mendapatkan kasih sayang dari-Mu.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sebanyak para sahabat dan keluarganya, sebanyak parua syuhada’ dari umatnya, sebanyak para wali Quthub dan wali Abdal. Sebanyak segala sesuatu yang telah Allah ciptakan dari golongan para malaikat yang ada di langit di bumi maupun yang berada di gunung-gunung.


Monetize your website traffic with yX Media

0 Response to "SHOLAWAT MIFTAHUL ASROR MUKADDIMAH"

Posting Komentar