Monetize your website traffic with yX Media
Monetize your website traffic with yX Media

SHOLAWAT SIRRUL A'DHOM

yX Media - Monetize your website traffic with us

SHOLAWAT SIRRIL A’DHOM
KARYA SYEKH DHIYA’UDDIN AHMAD BIN MUSTHOFA BIN ABDURROHMAN AL-KAMSAKHONAWI AL-HANAFI AN-NAQSABANDY DALAM KITAB KARYA SYEKH MUHYIDIN BIN A’ROBI

Syekh Dhiya’uddin Ahmad Bin Musthofa Bin Abdurrohman Al-Kamsakhonawi Al-Hanafi An-Naqsabandy, seorang penasehat dan yang memberi petuah mengenai ilmu tasawuf. Beliau lahir di kota Kamsyakhonah wilayah Tarbazun Turki. Beliau lahir pada tahun 1227 H. dan meninggal pada tahun 1812 M.

Sejak semua beliau memulai pendidikannya di Istambul Turki, dan melanjutkan pendidikannya di Mesir selama 6 (enam) tahun. Banyak sekali karya belia yang sangat masyhur yang sudah tercetak di berbagai percetakan di Mesir dan juga dijadikan kitab pedoman di berbagai media pendidikan, seperti di Al-Azhar Kairo yang menjadikan karya-karya beliau sebagai kitab pelajaran wajib.


Setelah itu beliau kembali ke Istambul dan menetap disana dengan berdakwah dan mengarang banyak kitab. Beliau meninggal pada tanggal 7 Dzul Qo’dah tahun 1311 H / 1812 M.

Dan diantara karya-karya beliau yang tak terkalahkan adalah :

1.  Jami’ul Mutun Fi Alfadzil Kufri
2.  Tashihul I’tiqod Wal A’mali
3.  Jami’ul Ushul fii Auliya’ Wa Ashnafihim Fii Ushuli Jami’u Thoriqotil Mu’tabaroti
4.  Ruhul ‘Arifin
5.  Rosyadut Tholibin Fit-tasawufi
6.  Dawa-ul Muslimina Fil Wa’dhi
7.   Romuzul Ahaditsi ‘Ala Tartibi Hurufil Hija-i.

Beliau mengarang kitab-kitabnya sejak tahun 1858. Kitab-kitabnya telah dicetak berulang-ulang dan hanya dicetak oleh satu penerbit saja. Sedangkan kitab ini (MAJMU’ATUL AHZAB WAL AUROD) telah banyak mengalami revisi hingga mencapai 1701 kali perbaikan, agar lebih singkat dan jelas. Dalam kitab ini dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama meliputi 6400 hadits Nabi, dan bagian yang kedua meliputi  701 hadits Nabi.

Sengaja dalam kitab ini dibuang sanadnya, agar lebih detail dan lebih singkat, dengan tujuan agar lebih mudah untuk dipahami dan diamalkan oleh pembaca.               
-﴿صلاة سر الأعظم لسيدنا محي الدين بن عربى﴾-

SHOLAWAT RAHASIA YANG AGUNG. 
KARYA SYEKH AKBAR MUHYID DIN BIN ‘AROBI

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ نِالنُّوْرِ اْلأَوَّلِ وَالسِّرِّ اْلأَنْزَهِ اْلأَكْمَلِ, عَيْنِ الرَّحْمَةِ الرَّبَّانِـــيَّةِ, وَبَهْجَةِ اْلإخْتِرَاعَاتِ اْلأَكْوَانِـــيَّـةِ, وَصَاحِبِ الْـمِلَّـةِ اْلإسْلَامِــيَّـةِ, وَالْحَقَائِــقِ الْـمَعَانِـــيَّـةِ نُوْرِ كُـلِّ شَيْئٍ وَهُدَاهُ, وَسِرِّ كُـلِّ سِرِّ وَسَنَـاهُ مَنْ فَتَحْتَ بِهِ الْخَزَائِنَ الرَّحْمَةِ وَالرَّحْمَوَاتِ, وَمَنَحْتَ بِظُهُوْرِهِ أنْوَارَ الْـمُلْكِ وَالْـمَلَــكُوْتِ, قُطْبِ دَائِرِ الْـكَمَالِ, وَطُوْرِ تَجَلِّيَاتِ الْجَلَالِ, وَيَاقُوْتَــةِ تَــاجِ مَحَاسِنِ الْجَمَالِ, إنْسَانِ عَيْنِ الْـمَظَاهِرِ اْلإلٰــهِــيَّـةِ وَلَطِيْفِ تُرُوْحَنَاتِ الْحَضْرَةِ الْقُدْسِيَّـةِ. مَدَدِ اْلإمْدَادِ وَجُوْدِ الْجُوْدِ وَوَحِدِ الآحَادِ وَسِرِّ الْوُجُوْدِ وَوَاسِطَةِ عَقْدِ السُّلُوْكِ وَشَرَفِ اْلأمْــلَاكِ وَالْـمُلُوْكِ, بَدْرِ الْكَمَّالَاتِ فِى السَّمٰوٰاتِ الرَّقَـائِـــقِ وَشَمْسِ الْعَوَارِفِ فِى عُرُوْشِ الْحَقَائِـــقِ  بَابِكَ اْلأَعْظَمِ وَصِرَاطِكَ الْـمُسْتَقِــيْمِ اْلأَقْوَمِ بِرِقَّكِ اللَّامِعِ وَنُوْرِكَ السَّاطِــعِ وَبَدْرِكَ الَّـذِىْ هُوَ أَفْقِ كُـلِّ قَلْبٍ سَلِيْمٍ طَالِعٌ, وَسِرِّكَ الـْمُنَــزَّهِ السَّارِىْ فِى جُـزْئِـــيَّـةِ الْعَالَمِ وَكُـلِّيَاتِــهِ عُلُوِّيَاتِـهِ وَسُفْلِيَاتِـهِ مِنْ جَوْهَرٍ وَعَرْضٍ وَوَسَائِــطٍ غَيْبِ أسْرَارِ الذَّاتِ وَمَشْرِقِ أنْوَارِ الصِّفَاتِ وَمَظْهِرِ أنْوَارِ التَّــجَلِّـــيَاتِ بِأَنْوَارِ السَّبَحَاتِ مِنْ سَنَاءِ السُّرَادِقَاتِ بِأَرْوَاحِ التُّرُوْحَنَاتِ الـْمُصَلِّيَ فِى عَيْنِ جَمْعِ الْجَمِيْعِ بِأَحْمَدَ الْقَارِي بِفُرْقَانِ الْفَرْقِ بِمُحَمَّدٍ وَالْقَائِمِ فِى الْـمُلْكِ بِجَلَالِهِ ,وَالرَّاحِمِ فِى الْـمَلَــكُوْتِ بِجَمَالِهِ الشَّامِلَةِ.

Dengan menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Ya Allah, limpahkanlah Rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami, nabi Muhammad sebagai cahaya awal dan rahasia kesucian yang paling sempurna, sumber rahmat Ketuhanan, ciptaan yang terbaik dari seluruh ciptaan, pemilik agama Islam, hakikatnya makna cahaya dari segala yang ada dan petunjuknya. Nabi yang memiliki rahasia dari segala rahasia, petunjuk bagi orang-orang yang telah Engkau buka-kan gudangnya rahasia kasih sayang dan kelembutan. Seorang Nabi yang telah Engkau berikan cahaya kerajaan, yang menjadi pusat berputarnya seluruh kesempurnaan, sang gunung yang agung yang penuh keagungan. Mutiaranya mahkota yang paling indah diantara keindahan, seorang manusia dengan pandangan Ke-Ilahiyah-an, yang memiliki kelembutan dan kesucian jiwa. Yang menjadi penolong diantara orang-orang yang suka menolong, yang paling dermawan diantara orang-orang dermawan, yang menjadi tepat bersatunya suatu kepaduan, yang menjadi rahasianya perwujudan, yang menjadi pengantar antara ikatan suluk, yang paling mulia diantara pemilik dan kepemilikan, purnama yang paling sempurna di langit-langit yang luas terhapar, mataharinya ilmu pengetahuan dalam singgasana hakikat, sebagai pintu-Mu yang Agun, pemberi penunjuk bagi kaumnya ke jalan yang lurus layaknya kilatan cahaya yang menyambar, sebagai cahaya-Mu yang berpendar, sebagai rembulan-Mu di dalam cakrawala hati bagi orang-orang yang taat dan selalu memasrahkan diri, sebagai rahasai-Mu yang dibersihkan di setiap sendi-sendi alam dan kenyataan baik yang ada diatas maupun dibawah, dari mutiara dan kehormatan, sebagai perantara menuju gaibnya rahasianya Dzat, yang memancarkan cahayanya Sifat, yang melahirkan cahaya keagungan, dengan cahaya tasbih (penyucian) dari keagungan yang selalu bershalawat diantara bersatunya perkumpulan bersama Ahmad yang membaca dengan pisahnya perpisahan dengan Muhammad, yang berdiri tegak di kerajaan keagungan dan penyayang di alam malakut dengan keagungannya yang meliputi semuanya.

صَلِّ اللّٰهُمَّ عَلَيْهِ صَلَاةً  تَعْرِّفُنِى بِـهَا إيَّـاهُ فِى مُرَاقِيْهِ وَعَوَالِـمِهِ وَمُشَاهَدِهِ وَمُعَالِـمِهِ حَتَّى أَشْهَدَهُ بِعَــــيْنِ الْعِيَانِ لَا بِالدَّلِيْلِ وَالْبُرْهَانِ وَأَعْرِفْهُ بِالتَّحْقِيْقِ فِى كُلِّ وَطَنٍ وَطَرِيْقٍ لِأَرٰى سُرْيَانِ سِرِّهِ فِى اْلأَكْوَانِ وَأَنْوَارِهِ مُشْرِقَةً فِى مَجَالِيْهِ الْحَسَانِ.

Limpahkanlah rahmat ya Allah kepadanya sehingga bisa mengenalkan kita padanya melalui bacaan sholawat ini untuk menggapainya, menjalankan amaliyahnya, menyaksikannya serta meniru tingkah lakunya, sehingga kami dapat menyaksikannya secara langsung dengan kedua mata kami bukan dengan dalil dan tanda bukti saja,  dan dengan sholawat ini kami berharap dapat mengenalnya secara hakikat di setiap tempat dan jalan untuk melihat cahaya rahasianya dalam setiap keadaan, dan menyaksikan cahayanya yang bersinar terang dalam keindahan dan keagungannya.
 
إجْعَلِ اللّٰهُمَّ مَدَدِىْ فِى شَمْسِ حَقِيْقَتِهِ وَمِنْ نُوْرِ بَدْرِ شَرِيْعَتِهِ حَتَّى تَضِيئَ فِى لَيْلِ جَهْلِــىْ بِأَنْوَارِ مَعَارِفِهِ. وَأَتَّـنْسِ فِى غُرْبَةِ مَسْرَايَ بِـــإِيْــنَاسِ لَطَائِفِ, اللّٰهُمَّ احْمِلْنِى إِلٰى حَضْرَتِهِ الْقُدْسِيَّةِ اْلأَحْمَدِيَّةِ عَلَى كَـاهِلِ عَلَى شَرِيْعَتِهِ الْـمُحَمَّدِيَّـةِ وَعَمِّرِ أَطْوَارَ نَقْضِى بِأَطْوَارِ كَمَالِهِ, وَأَلْبِسْنِى مِنْ خَلْعِ جَلَالِهِ وَجَمَالِهِ, وَأَفْرِدْنِى فِى حُبِّـهِ كَمَا أَفْرَدْتَهُ فِى حُسْنِهِ وَإحْسَانِهِ وَخَصِّصْنِى بِخَصَائِصِ قُرْبِـهِ وَامْتِنَانِهِ حَتَّى أَكُوْنَ وَارِثًـا لَدَيْهِ وَنَاظِرًا مِنْهُ لَهُ وَجَمِيْعًا عَلَيْهِ.

Jadikanlah ya Allah, harapanku didalam mataharinya hakikat, dan dari cahaya purnama syari’atnya sehingga teranglah malamnya kebodohanku dengan sinar kemakrifatannya. Tenangkanlah perjalananku (suluk) dalam kelembutannya, Ya Allah, bawalah aku ke haribaanya yang suci, yang terpuji, dari sisa umur kami ke pangkuan Muhammad, letakkanlah kami diatas bukit hingga kami dapat mencapai bukit kesempurnaanya, dan berilah kami pakaian dari percikan (yang terpisah dari) keagungan dan keindahannya dalam mencintainya, seperti halnya Engkau pisahkan antara kebaikan dan Ihsan-nya, dan khususkanlah kami dalam mendekatkan diri padanya sehingga kami dapat mewarisi apa-apa yang ada padanya, serta dapat melihatnya secara keseluruhan.  

اللّٰهُمَّ وَصَلِّ عَلَيْهِ صَلَاتَكَ اْلأَزَلِـــيَّةِ اْلأَحَدِيَّةِ فىِ مَظَاهِرِكَ اْلأَبَدِيَّةِ اْلوَاحِدِيَّةِ مَا تُوَحِّدَ تَجَلِّيْكَ وَتَـــكَــثَّرَ الْفَرْدُ فِى الْعَدَدِ, وَأَشْرَقَتْ أنْوَارُ الصِّفَاتِ بِــتَوَالِى الْـمَدَدِ وَاتَّسَعَتْ رُبُوْبِـــيَّةُ الْحَــكِيْمِ, وَتَقَدَّسَتْ سُبُحَاتُ الْعَلِيْمِ بِتَسْبِيْحَاتِ التَّمْجِيْدِ وَالتَّـــكْرِيْمِ بِلِسَانِ الْقَدِمِ فِى اْلأزَلِ اْلأزَالِ وَتَقَّدَسَ الْوَاحِدُ فِى صِفَةِ الْجَلَالِ وَالْجَمَالِ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ سَلَامًا فَرْدَانِـــيًا مَا تَعَدَّدَدَتْ مَرَاتِـــبُهُ الْعَدَدِيَّةُ فِى وَحْدَةِ مُرَاقِى دَرَجَاتِهِ الْعُلُوِّيَة فِى مَقَامَاتِ الْعُبُوْدِيَّــةِ بِتَوَالِى شُهُوْدِ الرَّحْمَةِ الذَّاتِـــيَّـةِ وَانْدَرَاجِ اْلأَنْوَارِ الصِّفَاتِـــيَّـةِ فىِ الْـمَجَلَّاتِ اْلأَطْوَارِيَّــةِ, وَالْـمَطَارَاتُ الْـمُلْــكِيَّةِ وَسَجَدَتِ اْلأرْوَاحُ الرُّوْحَانِـــيَّـةُ فِى مِحْرَابِ اْلآدَمِــــيَّةِ فِى حِيْطَةِ الْـمُحِيْطَةِ اْلأَحْمَدِيَّةِ بِأَنْوَارِ السُّبُوْحِيَّةِ الْـكَـاتِــبَةِ بِالْأَقْـــدَامِ الْـمَعْنَوِيَّـةِ فِى اْلأَلْوَاحِ الشُّهُوْدِيَّـةِ بِاْلأَسْرَارِ الْخَفِيَّـةِ عَنِ اْلإدْرَاكَاتِ اْلبَشَرِيَّةِ.

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepadanya, melalui bacaansholawat yang sudah ada sejak zaman azali, sholawat yang tunggal dalam melahirkan keabadian-Mu dalam persatuan seperti bersatunya  keaguangan-Mu, sehingga yang satu itu bisa menjadi banyak dalam jumlahnya. Bacaan shoalwat yang dapat memancarkan cahaya sifat dengan kekuasaan yang membentang yang dapat menampung hikmah ketuhanan. Bersihlah tasbihnya alam dengan bacaan-bacaan tasbih yang mulia dan termulia melalui lisan yang Qadim sejak zaman azali. Sucilah Dzat Yang Tunggal didalam sifat ke-Agung-an dan kebaikan. Limpahkanlah keselamatan kepada beliau (nabi Muhammad ) dengan ucapan salam yang tunggal sebanyak hitungan dan tingkatan perhitungan yang menyatu dalam kesatuan muraqabah pada derajat yang tinggi melalui kesaksian kasih Sayangnya secara dzat, maka naiklah cahaya bersifatan di puncak yang tertinggi. Sujudlah seluruh ruh dan ruhani dalam mihrab (Adamiyah) kemanusiaan dalam liputan yang meliputi seluruh puji-pujian, dan dengan cahaya bacaan tasbih yang tertulis di alam ruh yang terdahulu secara maknawi melalui rahasia yang tersembnunyi dalam tubuh kemanusiaan.         

اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ صَلَاةً وَسَلَامًا يَتَقَدَّسُ فِيْـهَا عَنْ عَوَارِضِ اْلإمْـــكَانِ لِوُجُوْبِ اتِّصَافِهِ بِالْكَمَالَاتِ وَعُمُوْمُ عِصْمَتِـهِ فِى جَمِيْعِ اْلحَضَرَاتِ مَا تَنَـــزَّهَ شَامِخُ عِزِّهِ عَنِ النَّقْصِ وَالسُّلُوْبِ وَثَبَتَ رَاسِخُ مَجْدِهِ بِالذَّاتِ وَالْوُجُوْبِ, وَارْضَ عَنْ أصْحَابِهِ أئِمَّةِ الْهُدَى وَنُجُوْمَ الْإقْــتِدَاءِ مَا تَعَاقَبَتْ أدْوَارُ اْلأنْوَارِ  وَأَشْرَقَةِ اْلأنْوَارُ بِاْلإسْرَارِ ( وَسُبْحَانَ اللهِ وَمَا أَنَـــاْ مِنَ الْـمُشْرِكِـــيْنَ . يوسف : 108) وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَـمِـــيْنَ.

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada beliau (nabi Muhammad ) bacaan salam yang dapat mensucikan dari seluruh penjuru tempat yang bersifat yang sempurna, dan penjagaan dari dosa seara umumnya di setiap kehadiran yang terbersihkan dari segala kekurangan. Tetap teguhlah kemuliaannya dengan Dzat yang Wajib, dan semoga beliau meridloi para sahabatnya sebagai pemimpin orang yang membawa petunjuk dan sebagai bintangnya pengikut selagi mereka masih mengikuti dan menemukan cahayanya cahaya dan bersinarnya cahaya yang bersinar. Maha Suci Allah dan hamba bukanlah golongan dari orang-orang yang mengingkari. (Surat Yusuf : 108). Dan segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.       

Monetize your website traffic with yX Media

0 Response to "SHOLAWAT SIRRUL A'DHOM"

Posting Komentar