Monetize your website traffic with yX Media
Monetize your website traffic with yX Media

SEBAB SEBAB DIANJURKANNYA MEMBACA SHALAWAT NABI

yX Media - Monetize your website traffic with us

SEBAB SEBAB KITA BERSHOLAWAT

Ada sebuah kiasah yang menarik dafri ‘Aisyah, ia berkata ‘Pada suatu malam, di saat waktu sahur saya menjahit sebuah pakaian, namun ketika itu lampu kamarku mati maka jatuhlah jarum tusukku. Kemudian datanglah rasulullah saw, dan teranglah seluruh kamarku dengan cahaya di wajahnya. Akupun dapat menemukan jarum tusukku yang jatuh tadi. Aku bertanya kepadanya “Ya Rasul, apa yang membuat wajahmu bercahaya?’’ Rasul menjawab “hai ‘Aisyah, celakalah bagi orang yang tidak dapat melihat wajahku di hari kiamat nanti’. ‘Aisyah bertanya “Siapakah orang yang tidak dapat melihat wajahmu ya Rasul ?” Rasul berkata “Mereka adalah orang-orang yang bakhil”. ‘Aisyah bertanya lagi, “Siapakah orang-orang yang bakhil itu?” rasul menjawab “yaitu orang – orang yang apabila disebutkan namaku di hadapannya, mereka tidak membalasnya dengan membaca sholawat kepadaku”.


Ada beberapa sebab kita dianjurkan untuk bersholawat kepada nabi Muhammad saw, di antaranya adalah :

1.        Sebab Allah swt, sendiri telah meninggikan nama Nabi Muhammad saw, disamping Asma Allah swt.
وَرَفَــعْــنَا لَكَ ذِكْـرَكَ
Artinya : “Kami telah meninggikan bagimu sebutan (nama)-mu (Q.S. Al-Insyiroh : 4)”

2.        Diutusnya rasul sebagai rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi seluruh alam), sebagaimana Allah berfirman :
وَمَـا اَرْسَلْـنَاكَ إِلَّا رَحْـمَـةً لِلْـعَـالَـمِـيْنَ
Artinya : “Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi alam semesta”. (Q.S. Al-Anbiya’ : 107)

3.        Karena keagungan akhlak Rasulullah saw, yang dianugerahkan oleh Allah swt, kepadanya. Allah swt, berfirman :
وَإِنَّـكَ لَـعَلـٰى خُـلُـقٍ عَـظِـيْمِ
 Artinya : “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad)memiliki akhlak ang mulia ”. (Q.S. Al-Qolam : 4)



FUNGSI SHOLAWAT

Qodhi Iyadh dalam kitab Asy-Syifa’ sebagaimana dikutip oleh ustadz Mahmud Syami mengatakan bahwa maksud pembacaan sholawat dalam pembukaan segala sesuatu adalah sebagai berikut :

1.        Bertabaruk (memohon – mengharap berkah), sesuai dengan sabda nabi Muhammad saw,
عَـنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللّـهُ عَـنْهُ قَـالَ : قَـالَ رَسُوْلُ اللّـهِ صَلّى اللّـهُ عَـلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ أَمْرٍ ذِىْ بَـالٍ لَا يُـبْدَأُ بِسْمِ اللّـهِ وَالصَّلَـوةُ فَـهُوَ أَقْـطَعٌ أَبْـتَـرٌ مُمْحَـقٌ مِنْ كُلِّ بَـرَكَـةٍ (رواه الرحوى)
Artinya : “Dari Abu Hurairah ra. Berkata bahwa Rasulullah saw, bersabda : Segala sesuatu (perbuatan) yang tidak diawali dengan (membaca) bismillah (menyebut Nama Allah) dan bersholawat kepadku niscaya akan putus (ekornya / kurang berkah), kurang sempurna, dari segala keberkahan
(H.R. Rahawi)

2.        Memenuhi sebagian hak Rasulullah saw, sebab beliau adalah perantara antara Allah swt, dengan hamba-Nya. Semua nikmat yang diterima oleh mereka termasuk nikmat terbesar berupa hidayah kepada ishlahu ilal Islam adalah dengan perantara dari nabi Muhammad saw, dengan Allah swt. Dalam sebuah hadits, Nabi saw, bersabda ‘Belumlah bersyukur kepada Allah swt orang-orang yang tidak beriman kepada manusia’.

3.        Memenuhi perintah Allah swt, yang diturunkan dalam firman Allah swt, surat Al-Ahzab ayat 56 ;

يـٰااَيُّـهَا الَّذِيْنَ آمَـنُوا صَلُّـُوْا عَـلَيْهِ وَسَلِّـمُوا تَسْلِـيْـمًا (الأحزاب : 56)
Artinya : ‘Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya
(Q.S. Al-Ahzab : 56)

Dahulu ada seseorang Yahudi mendatangi Amirul mukminin Ali bin Abi Tholib karromallohu wajhah, seraya menanyakan tentang keistimewaan nabi Muhammad saw, atas seluruh makhluk. Ia (orang Yahudi) berkata bahwa para malaikat diperintahkan oleh Allah swt, untuk sujud kepada nabi Adam as. Ali bin Abi Tholib menjawab ‘nabi Muhammad saw, lebih utama dari nabi Adam as, karena Allah swt, sendiri bersholawat kepada beliau dan memerintahkan kepada para malaikat-Nya untuk bersholawat atas beliau, dan menjadikan sholawat atas nabi Muhammad saw, sebagai ibadahnya para hamba-Nya. Allah swt, berfirma : ‘Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk nabi, hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian untuk nabi dan ucapkanlah salam kepadanya (Q.S. Al-Ahzab : 56)’’

Selanjutnya, Amirul mukminin Alibin Abi Tholib karromallohu wajhah menjelaskan, ‘Setiap orang yang bersholawat atas beliau semasa belaiau hidup atau setelah beliau wafat, jika ia membaca sholawat satu kali, maka Allah swt akan bersholawat atasnya sebanyak sepuluh kali dan menganugerahinya sepuluh kebaikan. Siapa yang bershalawat atas belau setelah wafat, sesungguhnya beliau mengetahui dan bershalawat serta membalas ucapan salam orang tersebut seperti sholawat dan salam yang ia sampaikan. Allah telah menerima setiap doa yang dipanjatkan oleh umat nabi Muhammad saw, sampai mereka bersholawat atas nabi Muhammad saw, dan keluarganya. Hal tersebut lebih mulai dan lebih utama dari pada yang telah Allah swt, berikan kepada nabi Adam as’.   

KEISTIMEWAAN SHOLAWAT
1.        Sholawat dapat mendekatkan seorang hamba kepada Allah, malaikat, dan pada rahmat Allah.
    Banyak membaca sholawat kepada nabi Muhammad saw, selain akan memperoleh syafaat dari beliau, di akhirat kelak pun akan mendapat berdekatan dengan kanjeng Nabi Muhammad saw, dan dekat dengan Allah swt, sebagaimana yang telah difirmankan oleh Allah swt dalam hadits Qudsi, Allah berfirman kepada nabi Musa as, “maukah engkau agar Aku dekat denganmu melebihi dekatnya ucapanmu dengan lisanmu, melebihi jiwamu dengan ragamau, melebihi dekatnya cahaya penglihatanmu dengan kedua matamu? Maka bacalah shalawat sebanyak mungkin kepada nabi Muhammad saw,’ di nikil dari kitab Durrotun nashihin : 132.

Mengapa membaca sholawat kepada nabi Muhammad saw, sama dengan mendekatkan diri kepada Allah swt? Sebab, di dalam bacaan sholawat tercantum Asma Allah swt. Semakin sering membaca sholawat semakin sering pula seseorang menyebut Asma Allah swt, ini berarti semakin menambah mahabbah (cinta) seseorang kepada nabi Muhammad saw, berarti juga lebih sering mengingta Allah swt, dan dapat selalu mendekatkan diri kepada-Nya.
  
2.        Dengan sholawat Allah akan membalas bacaan sholawat dengan sepuluh kali pahalanya.

Ketika kita membaca sholawat satu kali, Allah swt, akan membalas bacaan sholawat itu sebanyak sepuluh kali, sebagaimana rasulullah saw, bersabda ‘Allah memerintahkan satu malaikat di antara para malaikat untuk membawa nama orang yang membaca sholawat dan nama orang tuanya kepadaku. Malaikat itu berada di makamku sampai hari kiamat. Ketika seseorang bersaholawat atasku, malaikat tersebut berkata “Wahai Muhammad, fulan bin fulan bersholawat atasmu sebanyak ini.’’ Allah telah menjamin bahwa setiap sholawat akan dibalas dengan sepuluh sholawat.’
3.        Sholawat dapat menutupi kesalahan yang telah diperbuat dan dapat mengangkat derajat orang yang membacanya

Abu Tolhah berkata ‘saya pernah menghadap Rasulullah saw. Yampak wajah beliau berseri-seri’. Aku bertanay “ya Rasul, saya melihat wajah tuan hari ini berbunga dan berseri-seri?’ Rasulullah saw, menjawab “bagaimana aku tidak gembira, baru saja malaikat Jibril datang kepadaku, dan ia berkata “Barang siapa yang membaca sholawat kepadaku sekali saja, ia akan mendapat balasannya sepuluh kali, akan diangkat derajatnya menjadi sepuluh kali’.
  
4.        Sholawat dapat penutup kebutuhan dunia dan akhirat
Diriwayatkan oleh Imam ja’far Shidiq bahwa Rasulullah saw, pernah bersabda “Bacaan kalian atasku menyebabkan terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan kalian, dan Allah swt, Ridho pada kalain serta membersihkan perbuatan-perbuatan kalian”.

5.        Sholawat dapat menjadi sebab diampuninya dosa-dosa
Rasulullah saw, bersabda ‘Dua orang hamba yang saling mencintai karena Allah swt, saling berjabat tangan dan membaca sholawat atasku, maka selama kedua orang tersebut belum berpisah, Allah swt mengampuni dosa-dosa mereka baik yang terdahulu maupun yang akan datang’.

Imam Ali ra berkata ‘Setip orang yang tidak mampu membayar kifarat (tebusan : denda) atas dosa-dosanya hendaklah banyak membaca sholawat atas Muhammad saw, dan keluarganya agar dapat melebur dosa-dosa tersebut’.

Pada hadits lain, Nabi saw, bersabda “Siapa yang berjabat tangan dengan sesama muslim dan mengucapkan Allohumma sholi ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad maka tidak tersisa sedikitpun dosa padanya’.

Di dalam kitab ‘Uyunul Majalis, diriwayatkan bahwa saat seseorang hamaba bersholawat atas Rasulullah saw, terdengarlah seruan bahwa Allah swt, bershalawat atas hamba tersebut sebanyak sepuluh kali. Seruan tersebut terdengar oleh penghuni langit. Mereka pun bersholawat seribu kali bagi hamba tersebut. Begitu pula ketika terdengar oleh penghuni langit kedua dan seterusnya hingga sampai ke Sidratul Muntaha sehingga berjumlah tujuh puluh ribu kali. Kemudian Allah swt, berfirman kepada para malaikat “kalian tidak terlepas dari janji shalawat hamba-Ku sehingga Aku memberi balasan bagi hamba-Ku adalah Aku mengampuni dosa-dosanya”.

6.        Dengan sholawat akan dibedakan derajatnya dari orang munafik
7.        Dengan sholawat akan mendapatkan cahaya (petunjuk) lahir dan batin kelak di hari kiamat
8.        Dengan sholawat akan selamat dari allapan api neraka
9. Dengan sholawat akan ada jaminan masuk surga dan merasakan kenikmatannya
10.     Bersholawat akan mendapat syafaat kelak di hari kiamat

Monetize your website traffic with yX Media

0 Response to "SEBAB SEBAB DIANJURKANNYA MEMBACA SHALAWAT NABI"

Posting Komentar