Monetize your website traffic with yX Media
Monetize your website traffic with yX Media

HIKMAH BACAAN SHALAWAT NARIYAH / SHOLAWAT TAFRIJIYAH

yX Media - Monetize your website traffic with us
HIKMAH SHOLAWAT NARIYAH

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Sugeng dalu selamat malam poro sederek muslimin rohimakumulloh yang selalu di mulyakan Allah. Pada kesempatan kali ini, izinkan kami meng-share satu artikel sholawat lagi, khusus dumateng panjenengan sedoyo yang ingin menambah koleksi ubudiyah dan ibadahnya dengan bertaqarub kepada Allah melalui nabi Agung-Nya dengan menggerakkan lisan kita sambil bersenandung ria melalui untaian-untaian shalawat nabi.




Shalawat yang akan kami share pada kesempatan kali ini bernama Shalawat Nariyah. Penulis yakin bahwa panjenengan semuanya tidak asing lagi dengan sebutan nama tersebut, atau bahkan sudah sering mengamalkannya. Maka, berbahagialah orang-orang yang sudah mengamalkannya dan telah melanggengkannya. an bagi yang belum mengenalnya silakan berkenalan dulu dengan jenis sholawat nariyah ini. untuk teksnya silakan simak terus sampai selesai.


SEJARAH SHALAWAT NARIYAH

Waqiila.... ada yang menamakan jenis shalawat nariyah ini dengan sebutan Shalawat Tafrijiyah yang artinya pemisah / memisahkan. Akan tetapi, para Ulama’ maghribi menyebutnya dengan nama Shalawat Nariyah. Nama tersebut diambil dari nama pengarangya yaitu Muhammad Abdul Wahab At-Tazi Al-Maghribi ( dikenal dengan sebitan "Syaikh Nariyah"). Menurut sejarah, beliau hidup di zaman Rasulullah , dan termasuk anggota sahabat nabi , yang menekuni bidang ke-tauhid-an. Syekh nariyah ini mendapat inspirasi (ilham) dalam mengarang Shalawatnya dari kerja keras Rasulullah, saat berjuang dalam menyebarkan agama islam dan menyampaikan wahyu Allah swt, sehingga beliau selalu mendoakan Rasulullah agar selalu sejahtera dan keselamatan selalu tercurahkan kepada baginda Nabi .

Suatu malam, Syaikh nariyah membaca shalawat nariyah karanganya sebanyak 4444 kali, dan Allah memberinya karomah (kemuliaan) tersendiri baginya. Keesokan harinya, beliau sowan menghadap Rasulullah , dan beliau meminta agar beliau didoakan oleh kanjeng nabi masuk surga pertama kali bersama rasulullah , dan kanjeng Nabi-pun mengaminkan-nya.  


   Berikut teks shalawat nariyah dengan versi arabnya beserta artinya.


اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ صَلَاةً  كَامِــلَـةً وَّسَلِّـمْ سَلَامًـا تَــامًـا عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُـحَمَّدِ نِالَّـذِىْ تَـنْـحَلُ بِـهِ الْــعُـقَـدُ وَتَــنْـفَـرِجُ بِهِ الْـكُرَبُ وَتُـقْضٰى بِهِ الْحَـوَائِـجُ وَتُــنَالُ بِهِ الرَّغَـائِبُ وَحُسْنُ الْخَـوَاتِـمِ وَيُسْتَسْقـٰى الْغَـمَامُ بِــوَجْـهِهِ الْكَـرِيْمِ وَعَـلـٰى أَلِـهِ وَصَحْـبِهِ فِى كُلِّ لَـمْـحَـةٍ وَنَــفَـسٍ بِـعَـدَدِ كُلِّ مَـعْـلُـوْمٍ لَكَ.

ALLOHUMMA SHOLLI SHOLATAN, KAMILATAN(W) WASALIM SALAMAN, TAAMAN 'ALA SAYYIDINA MUHAMMAD(NIL) LADZI, TANHALLU BIHIL 'UQODU WA TANGFARIJU BIHIL KUROBU, WA TUQODHO BIHIL HAWAAIJU, WA TUNALU BIHIR ROGHOIBU, WA HUSNUL KHOWATIMI WA YUSTASQOL GHOMAMU, BIWAJHIHIL KARIMI WA 'ALA ALIHI WA SHOHBIHI FII KULLI LAM-HATI(W) WA NAFASIN(M) BI-'ADADI KULLI MA'LUMIN(L) LAKA. 
 
Artinya :
“Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Muhammad . Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan (ikatan) dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikanlah segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah, dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada seluruh keluarga dan para sahabatnya, pada setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan pada sebanyak pengetahuan-Mu.”


Kiranya cukup sekian dulu untuk artikel untuk pembahasan kami. Semoga bermanfaat dan membawa berkah tersendiri buat panjenengan para pembaca semuanya. Akhir kata, semoga Allah meridloi. 

Akhir kata, mohon moaaf apabila ada kekhilafan, Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Monetize your website traffic with yX Media

0 Response to "HIKMAH BACAAN SHALAWAT NARIYAH / SHOLAWAT TAFRIJIYAH"

Posting Komentar