Monetize your website traffic with yX Media
Monetize your website traffic with yX Media

SHOLAWAT MADADU MUSTARSYIDI FII JAANIBIL MURSYIDI

yX Media - Monetize your website traffic with us

 SHOLAWAT MADAD AL-MUSTARSYID FII JANIB AL-MURSYID

SYEKH IMAM AHMAD RIFA’I RA

Syekh Sayyid Ahmad ‘Izzuddin as-Shoyyad berkata “Barang siapa yang melanggengkan membaca Sholawat Madad berikut ini setiap pagi dan sore hari sebanyak 3 (tiga) kali dengan hati ikhlas dan tanpa adanya keraguan sedikitpun didalamnya, maka ia akan mendapatkan apa dukungan yang agung yang datang dari sisi Rasulullah  nabi yang mulia. Dan kelak ia meninggal akan ditetapkan dalam keadaan iman dengan membawa Anugerah dari Allah , serta ia akan dikumpulkan bersama orang-orang yang ada di bawah naungan bendera Rasulullah  berakh dari beliau 


Sholawat madad ini memiliki banyak rahasia yang terkandung didalamnya serta memiliki keajaiban yang sangat luar biasa.

Adapun tata kerama saat membaca Sholawat madad ini adalah sebagai berikut :
1.        Twasul dengan membaca surat Al-Fatihah yang ditujukan kepada Kanjeng Rasul Muhammad  dan para nabi juga kepada keluarga dan para sahabat dan tabi’in.
2.        Tawasul dengan membaca surat Al-Fatihah yang ditujukan kepada ruhnya pengarang sholawat madad ini, yaitu Syekh Ahmad Rifa’i.

Untuk lebih mudahnya dalam bertawasul, berikut teksnya.      



-﴿صَلَاةُ مَدَدُ الْـمُسْتَرْشِدِ مِنْ جَانِبِ الْـمُرْشِدِ لِشَيْخِ أَحْمَدِ الرِّفَاعِى رَضِيَ اللهُ عَنْهُ﴾-
إِلٰى حَضْرَةِ النَّبِيِّ الْـمُصْطَفٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ ﷺ وَعَلٰى جَمِيْعِ اْلأَنْبِيَآءِ وَاْلأَوْلِيَآءِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ شَيْئٌ للهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةِ :....
ثُمَّ إِلَى حَضْرَةِ سَيِّدِنَا الشَّيْخِ أَحْمَدِ أَلرِّفَاعِى قَدَّسَ اللهُ سِرَّهُ وَنَوَّرَ ضَرِيْحَهُ وَيُعْلِى دَرَجَاتِهِ شَيْئٌ للهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةِ : ....
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الْـمَطْلَعُ عَلَى اْلأَسْرَارِ الْخَفِيَّةِ, وَالْعَلِيْمُ بِاْلأَشْيَآءِ الْكُـلِّيَّةِ وَالْجُزْئِيَّةِ, دَارٌ بِسِرِّ قُدْرَتِكَ مَدَارُ اْلأَكْوَانِ, وَظَهَرَ بِمَعْنٰى حِكْمَتِكَ مَظْهَرُ اْلإِيْمَانِ وَالْعِرْفَانِ, الْكَلَامُ عِنْدَكَ كَخَفِيِّ النِّــيَّةِ, وَالسِّرُّ عِنْدَكَ كَالْعَلَانِيَّةِ, إسْمُكَ عَلِيٌّ عَظِيْمٌ. وَعِلْمُكَ بِغَيْبِكَ قَدِيْمٌ. تَنَــزَّهَتْ ذَاتُكَ عَنْ مُشَابِـهَةِ الذَّوَاتِ, وَجَلَّتْ صِفَاتُكَ عَنْ مُمَالَةِ الصِّفَاتِ, حَجَبْتَ نَفْسَكَ بِنَفْسِكَ عَنْ أَبْصَارِ خَلْقِكَ, فَالْخَلْقُ كُــلُّهُمْ فِى بَحْرِ الْعَجْزِ عَنْ إِدْرَاكِ حَقِيْقَةِ هَذَا السِّرِّ, وَأَظْهَرْتَ نُوْرَ قُدْرَتِـكَ لِكُـلِّ شَيْئٍ. فَكُـلُّ شَيْئٍ حَائِرٌ فِى فَهْمِ أَصْلِ ذَلِكَ النُّوْرِ. نُوْرُ قُدْرَتِكَ مِنْكَ وَأَنْتَ مِنْ نَفْسِكَ, فَلَا شَكَّ وَلَا حَيْرَةً فِى هَذَا الْـمَعْنٰى. جَلَّ ثَنَاؤُكَ وَتَقَدَّسَتْ أَسْمَآؤُكَ. سُبْحَانَكَ لَا نُحْصٰى ثَنَاءً عَلَيْكَ. وَكُلُّ ثَنَاءٍ يَعُوْدُ إِلَيْكَ. جَلَّ عَنْ ثَنَائِنَا جَنَابُ قُدْسِكَ,  أَنْتَ كَمَا أَثْنَــيْتَ عَلَى نَفْسِكَ. جَلِــيٌّ لَامِعُ نُوْرِ مَعْرِفَتِكَ لَامِعٌ فِى سَمَآءِ أَفْئِدَةِ الْعَارِفِــيْنَ. وَخَفِيٌ مُبْـهَمُ سِرِّ حَقِيْقَتِكَ مَكْتُوْمٌ فِى أَرْضِ قُلُوْبِ الْوَاصِلِيْنَ. لَا يُطْلَعْ عَلَيْكَ إِلَّا أَنْتَ. وَلَا يَعْرِفُكَ غَيْرُكَ. مَعْرِفَةُ الْوَاصِلِيْنَ عَيْنُ عَجْزِهِمْ عَنْ مَعْرِفَتِكَ. وَجَهْلَ الْعَارِفِــيْنَ غَايَةُ مَعْرِفَتِـهِمْ بِكَ, اْلعَجْزُ الْعَجْزُ عَنْ مَعْرِفَةِ ذَاتِكَ. وَعَنْ حَضْرَةِ صِفَاتِكَ, أَجُلُّ لِنَفْسِى مِنْ طَيِّ الْـمُشْكِلَاتِ وَهَمِّهَا. الْعَقْدُ بِسِّرِ قَوْلِكَ لِنَبِيِّكَ : ﴿قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ (1) اللهُ الصَّمَدُ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ (3) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (4)﴾ عُقِدَتْ أَسْرَارُ حِكْمَتِكَ فِى قَلْبِى فَنَفْتَ عَنْ خَاطِرِى أَوْهَامِ طَيِّ الْـمُشْكِلَاتِ. فَلَا يُحْتَاجُ أَمْرُ مَعْرَفَتِى لَكَ عِنْدَ الدَّلِيْلِ وَاْلإِثْبَاتِ. عَرَفْتُكَ وَعَقَدْتُ هُنَاكَ رَمْزِى. وَجَعَلْتُ غَايَةَ مَعْرِفَتِى عَجْزِى. سُبْحَانَكَ مَا أَعْظَمَ شَأْنُكَ وَمَا أَعَزُّ سُلْطَانِكَ. وَمَا أَجَلُّ بُرْهَانُكَ. خَطَفَتْ لَوَامِعُ بَوَارِقِ بَوَاهِرِ أَسْرَارِكَ الْعُقُوْلِ. وَكَشَفَتْ مَظَاهِرُ آثَارِ حَقَائِقِ عَظَمَتِكَ عَجْزُ أَهْلِ اْلأَدِلَّةِ وَالنُّقُوْلِ. الدَّلِيْلُ عَلَيْكَ حَاجَةُ اْلكُلِّ إِلَيْكَ. وَوُقُوْفُ الْكُـلِّ بَــيْنَ يَدَيْكَ. مَعَانِى سُلْطَانَتِكَ, مُنَزَّهَةً عَنِ التَّحْوِيْلِ. وَحَقَائِقُ عَظَمَتِكَ لَا تُحْتَاجُ لِلدَّلِيْلِ. فَالدَّلِيْلُ أَنْتَ لـِمَنْ أَدْرَاكَ بِالْجُمْلَةِ وَالتَّفْضِيْلِ. وَالنَّقْلُ اْلأَقْوٰى قُدْرَتِكَ لِـمَنْ فَهِمَ زُبْدَةَ التَّقْصِيْرِ وَالتَّطْوِيْلِ. غَايَةُ مَعَارِيْجِ اْلأَوْلِيَآءِ اْلعَارِفِيْنَ وَالْوُقُوْفُ عِنْدَ سَاحِلِ بَحْرِ هَذَا الْـمِيْدَانِ. وَمُنْتَهٰى مَرَاتِبُ مَعْرِفَةِ الصُّلَحَآءِ اْلوَاصِلِيْنَ إِلْقَاءَ الذِّمَامِ فِى هَذَا الْـمَقَامِ, وَقَبْضُ الْعِنَانِ.
Dengan menyebut Nama Allah Yang Mah Pengasih lagi Maha penyayang.
Ya Allah...! Engkaulah Dzat Yang memperlihatkan segala rahasia yang tersembunyi. Dan Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu secara keseluruhan dan bagian-bagiannya. Semua perwujudan yang berpendar menglilingi dengan sendirinya atas Kehendak dan rahasia Qodrat-Mu. Engkaulah Dzat yang memperihatkan akan arti dari hikmah-Mu serta memperliatkan keimanan dan kemakrifatan.
Kalam, di sisi-Mu seperti samarnya sebuah niat. Sedangkan yang samar di sisi-Mu merupakan kenyataan. Nama-Mu yang Luhur nan Agung. Dan Ilmu-Mu terhadap yang gaib adalah Qodim (sudah ada sejak dahulu). Maka, bersihlah Dzat-Mu dari segala penyerupaan dzat. Agung-lah Sifat-Sifat-Mu dari segala yang menyamai sifat-sifat yang ada.
Engkau menutup diri-Mu dengan Dzat-Mu dari pandangan makhluk-Mu. Sedangkan segala makhluk ciptaan berada di dalam lautan kelemahan untuk menggapai hakikat dari rahasia ini.
Engkau telah memperlihatkan cahaya Qodrat-Mu terhadap segala sesuatu, sedangkan sehala sesuatu itu kebingungan dalam memahami asal (pokok/inti) cahaya tersebut. Yaitu cahaya Qodrat-Mu, yang datang dari-Mu. sedangkan Engkau berasal dari Dzat-Mu sendiri. Maka tidak ada keraguan serta kebimbangan lagi untuk menguraikan makna (cahaya) ini.
Betapa Agungnya memuja-Mu, dan betapa Sucinya Asma’-Mu. Maha Suci Engkau yang tidak akan pernah terbilang (untuk) memuji-Mu. Lantas bagaiman lagi? Semua pujian itu akan kembali kepada-Mu. Engkau memuji sesuatu, layaknya Engkau memuji Diri-Mu sendiri. Berkulailah keagungan cahaya makrifat-Mu dilangit-langit hati para ahli makrifat. Kesamaran yang serupa dibalik rahasia hakikat-Mu tersembunyi di dalam bumi kemakrifatan-nya orang-oraang yang wushul (menuju Engkau) dimana pandangan mereka sagat lemah untuk mengenal-Mu.
Kebodohan dari orang-orang makrifat adalah buntunya pandangan kemakrifatan mereka sendiri kepada-Mu. Sedangkan kelemahan mereka adalah karena lemahnya pengetahuan akan Dzat-Mu serta mengukur Sifat-sifat-Mu.
Jadilkanah diri ini orang yang mulia yang terlepas dari segala kemusykilan (kesulitan) dan kepentingannya, Akidah dari rahasia Kalam-Mu atas nabi-Mu (Surat Al-Ikhlas)
Simpulkanlah segala rahasia hikmah-Mu didalam hatiku, singkirkanlah segala kekhawatiran, keprihatinan akan berlipatnya kemusykilan dari diriku. Maka tidak dibuthkan lagi dalil-dali danketetapan akan urusan kemakrifatanku kepada-Mu. Kami menenal-Mu dan mengikat rumus akidahku dengan-Mu disini (di dalam surat Al-Ihlas) sehingga kami menjadikan mentoknya pengetahuanku sebagai kelemahanku.
Maha Sucu Engkau. Alangkah Agungnya Kehendak-Mu dan betapa Mulianya Kekuasaan-Mu dan betapa Agungnya Petunjuk-Mu.
Cahaya petir menyambar semua rahasia dalil yang tersurat. Sebab semua dalil pasti membutuhkan-Mu. Kesemuannya itu berhenti dibawah Kendali-Mu. Kekuasaan-Mu terbrsihkan darisegala daya dan upaya. Sedangkan Keaguangn-Mu tidak membutuhkan dalil apapun. Dalil yang tersirat akan Diri-Mu hanya untuk orang-orang yang telah menemukan-Mu secara global maupun terperinci. Sedangkan dalil yang tersurat akan Qodrat-Mu yaitu untuk orang-orang yang telah memahami panjang pendeknya buih pengetahuan.
Garis finish bagi para wali yang ahli makrifat adalah orang-orang (auliya’) yang selalu setia menempati posisinya ditepian pantai di medan (suluk) ini. Sedangkan martabat (tingkatan) kemakrifatan bagi orang-orang salih yang wushul adalah bertemunya penghinaan pada tingkatan ini.
فَأَسْأَلُكَ إِلٰهِى بِسِرِّ مَدَدِكَ الْحَقِيْقِـــيىِّ الَّذِىْ وَضَعْتَهُ فىِ صَنَادِيْـقِ عُقُوْلِ الْكَـامِلِــيْنَ, وَبِنُوْرِ عِنَايَـتِـكَ الصَّمَدَانِـيَّةِ الَّذِىْ نَـوَّرَتْ بِهِ بُـيُوْتُ قُلُوْبِ الصَّالِحِيْنَ, وَبِبَاهِرِ مَعْنٰى سِرِّ اسْمِكَ اْلأَجَلِّ اْلأعْظَمِ الَّذِى ذَلَّتْ لَهُ الْجِبَالُ وَخَضَعَتْ لِسَطْوَةِ سُلْطَنِهِ قَهْرِ هَامَاتُ فُخُولِ الرِّجَالِ, وَبِتَجَلِّى نُوْرِ ذَاتِكَ الْـمُحَرَّقِ بِنَارِ جَلَالِ عَظَمَتِهِ الطُّوْدِ الشَّامِخِ وَالْجَبَلِ الرَّاسِخِ, وَخَرَّ ذٰلِك مُوْسٰى ضَعِقًا مِنْ هَيْبَةِ سِرِّ ذٰلِكَ التَّجَلِّى الْجَلِيْلِ. وَالْـمَعْنٰى الْبَاهِرِ النَّبِــيْـلِ فَلَا شيْئَ فِى الْكَوْنَــــيْنِ إِلَّا وَعِبَادَةٌ عَلَيْهِ. وَلَا لِسَانَ فِى الدَّارَيْنِ إِلَّا وَعَيْنُ نِدَاهُ. يَا مَنِ الْكُـلُّ مِنْهُ وَالْــكُــلُّ إِلَيْهِ. فَبِحَقِيْقَةِ ذٰلِكَ صَلِّ عَلٰى الْـمُرْشِدِ لِذٰلِكَ نَبِـــيِّـكَ اْلأَقْرَبِ وَحَبِــيْبِكَ الْـمُنْتَخَبِ جَوْهَرَةِ خِزَانَةِ قُدْرَتِـكَ وَعَرُوْسِ مَمَالِكَ حَضْرَتِكَ, وَسُلْطَانِ مَدِيْنَةِ أَهْلِ مَعْرِفَتِكَ, وَتَاجِ هَامَاتِ الْـمُشَرَّفِــيْنَ بِنُبُوَّتِـكَ وَرِسَالَتِكَ, إِمَامِ اْلأَنْبِيَآءِ وَخَاتَمِ النَّبِيَّـــيْنَ. وَمُقَدَّامِ اْلأُمَرَاءِ وَمَلْجَأِ الْعَاجِزِيْنَ مَدَارِ فَلَكِ اْلإِحْسَانِ, وَالْــكَــنْزِ الْخَفِيِّ الَّذِى بِهِ عَرَفْنَاكَ. فَـــكَفٰى بِهِ بُرْهَانُ عَيْنِ عِلْمِكَ الْـمَكْـنُوْنِ بِبَحْرِ سِرِّ مَعْنٰى ﴿نٓ﴾ وَدَقِيْقَةِ أَمْرِكَ الْـمَصُوْنِ بِتَجَلِّى بَاهِرِ إِشَارَةِ ﴿كُنْ فَيَكُوْنُ﴾ وَاسِطَةُ الْكُـلِّ فِى مَقَامِ اْلجَمْعِ وَوَسِيْلَةِ الْجَمِيْعِ فِى تَجَلِّى الْفَرْقِ, رَحْمَةٍ لِلْعَالَـمِيْنَ قَبْلَ الْعَالَـمِيْنَ. وَإِمَامِ اْلأَنْبِيَآءِ وَالْـمُرْسَلِيْنَ قَبْلَ أَنْ يُخْلَقَ آدَمُ مِنَ الطِّـْيِن, أَقْرَبِ خَلْقِكَ وَأَجَلِّ عِبَادِكَ وَأَحْسَنِ عَبِيْدِكَ وَأَجْمَلِ عِبَادِكَ. سِرِّكَ الْبَاهِرِ الَّذِى جَعَلْتَهُ كَعْبَةً لِأَهْلِ اْلأَرْضِ وَالسَّمَآءِ, وَنُوْرِ الظَّاهِرِ الَّذِى لِأَجْلِهِ عَلَّمْتَ آدَمَ اْلأَسْمَآءَ. وَعَلٰى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَـتِهِ وَالتَّابِعِــيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ. وَاغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِوَالِدِ وَالِدِيْنَا وَلِـمَشَايِخِنَا وَلِـمَشَايِخِ مَشَايِخِنَا وَلِإِخْوَانِنَا اْلـمُسْلِمِـيْنَ وَأَحْيِنَا بِحَقِّهِ عَلٰى مِلَّتِهِ, وَأَمِتْنَا عَلٰى حَقِيْقَةِ شَرِيْعَتِهِ. وَاحْشُرْنَا فِى زُمْرَتِهِ أَجْمَعِـيْنَ. وَاجْعَلْنَا بِجِوَارِهِ فِى الْجَنَّةِ مُقِيْمِيْنَ. وَبِظِلَالِهِ الْعَالِى هُنَا وَهُنَاكَ آمِــيْنَ. وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى جَمِيْعِ إِخْوَانِهِ مِنَ النَّبِيَّــيْنَ وَالْـمُرْسَلِــيْنَ. وَآلِهِمْ وَصَحْبِـهِمْ أَجْمَعِيْنَ. وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالَـمِــيْنَ.             
Kami meminta kepda-Mu duh Gusti...! dengan melalui rahasia penjagaan-Mu yang hakiki, yang telah Engkau letakkan kedalam kotak akalnya orang-orang  kamil (yang telah sempurna keimanannya). Dengan ahaya pertolongan-Mu yang tiada bandingannya yang mampu menerangi hatinya orang-orang sholih.
Dan dengan terangnya (jelasnya) makna dari rahasia Asma’-Mu yang Maha Luhur lagi Maha Agung yang mampu menundukkan gunung-gunung, dan dengan Tajalli-nya (keagungan) Cahaya Dzat-Mu yang dapat membakar seluruh gema yang tinggi serta gunung yang kokoh dengan api keagungan-Mu, sehingga terjungkallah nabi Musa as, dengan guncangan yang dahsyat karena terpengaruh akan kehebatan rahasia-Mu yang Tinggi nan Agung itu sehingga tiada sesuatu pun di dalam kenyataan kecuali adanya Engkau dan orag-orang yang beribadah kepada-MU. Tiada satupun lisan yang ada di dua dunia dan akhirat ini yang dapat berbicara kecuali matasbagai saksinya. Duhai Dzat yang menguasai seluruh keadaan dan semua itu kembali kepada-Mu.
Maka, dengan hakikat (kenyataan) tersebut, limpahkanlah kesejahteraan kepada Sang Mursyid (guru pembimbing), yakni Nabi-Mu. Yaitu orang yang paling dekat dengan-Mu, juga seorang Nabi yang menjadi kekasih-Mu yang terpilih. Mutiara di gudang simpanan Qodrat-Mu, penyandang mahkota kerajaan di Hadlirat-Mu. Seorang raja di kerajaan makrifat-Mu. Mahkota keutamaan yang dimuliakan (di antara orang-orang yag mulia) dengan jabatan kenabian dan perutusannya. Seorang pemimpin bagi para nabi dan penutup para utusan. Seorang yang lebih dulu memimpin dan penolong bagi orang-orang yang lemah. Yang beredar di galaksi kebaikan. Pengetahuannya merupakan harta simpanan yang tersamarkan.
Maka, cukuplah dengannya (nabi Muhammad ) sebagai tanda bukti bagi pandangan mata akan ilmu-Mu yang tersimpandi dalam lauan rahasia makan dari NUN. Dan lembutnya urusan-Mu yang tersusun rapi, dengan keagungan kemilau isyarat KUN FAYAKUN. Yang menjadi penengah bagi segala sesuau di dalam perkumpulan. Beliaulah seorang nabi yang menjadi perantara bagi persatuan yang agung dalam setiap perpecahan, dan juga sebagai pembawa rahmat bagi seluru alam sebelum wujudnya alam itu sendiri.
Nabi Muhammad  seorang imam (pemimpin) bagi para nabi dan para utusan sebelum Adam diciptakan dari tanah. Seorang makhluk yang paling dekat dengan-Mu dan orang yang paling bagus ibadahnya kepada-Mu.
Rahasia-Mu yang berkilauan yang dengan Sirr itu Engkau jadikan ka’bah bagi penduduk bumi dan langit. Cahaya-Mu yang jelas terpancar yang dengan melaluinya nabi Adam dapat mengetahi seluruh nama.
Dan kepada keluarga, sahabat, dan juga kepada istri-istri beserta seluruh keturunannya, juga kepada para pengikutnya yang baik-baik sampai akhir masa.
Ampunilah dosa-dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dosa anak cucu kami, serta ampunilah dosa-dosa guru-guru kami dan juga gurunya guru kami serta ampuni dosa saudara-saudara kami, yaitu seluruh orang-orang muslim. Hidupkanlah kami dalam hakikatnya kehidupan dengan memeluk  agamanya (nabi Muhammad )dan matikanlah kami dalam keadaan memegang erat syariatnya. Kumpulknlah kami bersama golongannya. Jadikanlah kami orang yang mendiami surga sebagai tetangga bagi kanjeng nabi . Dan dengan naungannya yang mulia, tempatkanlah kami disana. Amin (kabulkanlah doa-doa kami ya Allah).
Limpahkanlah Kesejahteraan dan keselamatan kepada seluruh saudara-saudaranya, yaitu para nabi dan para utusan, besertakeluarga dan para sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.                                     

Monetize your website traffic with yX Media

0 Response to "SHOLAWAT MADADU MUSTARSYIDI FII JAANIBIL MURSYIDI"

Posting Komentar