Monetize your website traffic with yX Media
Monetize your website traffic with yX Media

TASBIHNYA PARA NABI

yX Media - Monetize your website traffic with us

TASBIHNYA PARA NABI  DAN PARA WALI
Hampir seluruh para Nabi dan Malaikat memiliki amalan khusus sebagai wiridnya. Tentunya masing-masing wirid tersebut berbeda-beda sesuai perintah dari Allah . Dan tentunya bukan hanya para nabi dan para malaikat saja yang bertasbih kepada Allah , bahkan seluruh alam semesta ini bertasbih kepada Allah.

Berikut beberapa bacaan tasbih yang sering dibaca oleh para nabi dan malaikat, serta wirid dan doa yang sering dibaca oleh para wali yang kami nukil dari kitab Majmuatul Aurad Wal Ahzab karya Syekh Ibnu Aroby.


1. TASBIHNYA NABI ADAM AS.
-﴿تَسْبِيْحُ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ وَبِحَمْدِكَ عَلِمْتُ سُوْءًا وَظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْلِى وَأَنْتَ خَيْرُ الْغَافِرِيْنَ, وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّـكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ.
Tiada Tuhan selain Allah, maha Suci Engkau dan dengan memuji-Mu hamba tahu bahwa hamba telah melakukan keburukan dan meganiaya diri sendiri. Maka dari itu, ampunilah hamba, sebab Engkaulah sebaik-baiknya Dzat Pemberi ampunan. Dan hamba bertaubat atas diri hamba, karena Engkaulah Dzat yang Maha menerima taubat.      


2. TASBIHNYA NABI NUH AS.
-﴿تَسْبِيْحُ نُوْحٌ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ الْغَنِـــــيُّى الْحَمِيْدُ, سُبْحَانَ الْخَالِقُ الْبَارِئُ, سُبْحَانَ الْحَسَنُ الْجَمِيْلُ,  سُبْحَانَ الرَّؤُوْفُ الرَّحِيْمُ.
Maha Suci Dzat yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji. Maha Suci Dzat yang Maha Pencipta lagi Maha membentuk. Maha Suci Dzat yang Maha baik lagi Maha Bagus. Maha Suci Dzat yang Maha Pengasuh lagi Maha Penyayang       

3. TASBIHNYA NABI IBRAHIM AS.
-﴿تَسْبِيْحُ إبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ مَنْ عَلَا فىِ الْهَوٰى, سُبْحَانَ مَنْ سَلَّمَ عَلَى نُوْحٍ فِى الْعَالَـمِــيْنَ, سُبْحَانَ مَنْ تَابَ عَلَى آدَمَ مِنْ خَطِـيْئَــتِهِ, سُبْحَانَ مَنْ تَقَدَّسَ لَهُ ظُلُمَاتُ اللَّيْلُ وَيَمْجَدُ لَهُ نُوْرُ النَّــهَارِ.
Maha Suci Dzat yang Maha Tinggi, maha Suci Dzat yang telah menyelamatkan nabi Nuh di seluruh alam. Maha Suci Dzat yang telah menerima taubatnya Nabi Adam as, dari segala kealahannya. Maha Suci Dzat yang dimana siang dan malam selalu mensucikan-Nya dan malam dapat menemukan cahanyanya (sehingga bisa menjadi siang).

4. TASBIHNYA NABI ISMA’IL, AS
-﴿تَسْبِيْحُ إسْمَاعِـيْلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ مَنْ هُوَ مَطْلَعٌ بِالْعِلْمِ جَوَارِحُ الْقُلُوْبِ,  سُبْحَانَ مَنْ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ خَافِيَةٌ فِى السَّمٰوٰاتِ وَاْلأَرْضِ, سُبْحَانَ الرَّؤُوْفِ الرَّحِيْمِ.  
Maha Suci Dzat yang memancarkan ilmu ke dalam hati. Maha Suci Dzat yang tidak ada keraguan daripada-Nya sebuah kesamaran di langit dan di bumi. Maha Suci Dzat yang Maha Pengasuh lagi Maha Penyayang.
  
5. TASBIHNYA NABI ISHAQ, AS

    -﴿تَسْبِيْحُ إسْحَاقَ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ الْفَرْدِ الْوِتْرِ, سُبْحَانَ الْعَظِيْمِ اْلأَعْظَمِ, سُبْحَانَ اللهِ وَتَعَالٰى. (وهذا الدعاء إسحاق عليه السلام) اَللّٰهُمَّ يَا كَاشِفَ كُلِّ هَمٍّ وَيَا مُفَرِّجَ كُلِّ غَمٍّ وَيَا مُجِيْبَ دَعْوَةِ الْـمُضْطَرِّيْن, يَا رَحْمٰنَ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَارْحَمْهُمَا أَنْتَ رَبِّى وَسَيِّدِىْ وَرَجَائِى فَارْحَمْنِى رَحْمَةً مِنْكَ مِنْ عِنْدِكَ تُغْنِــيْـنِــيْى بِـهَا عَنْ رَحِمَةِ مَنْ سِوَاكَ.
Maha Suci Dzat yang Tunggal lagi Esa. Maha Suci Dzat yang Agung lagi Maha Perkasa. Maha Suci Allah yang Maha Tinggi.
(Berikut juga termasuk salah satu doa nabi Ishaq AS,)
Duhai Allah, yang telah menghilangkan segala kesusahan dan kesempitan. Duhai Allah yang telah mengabulkan doa-doa orang yang dalam kesempitan. Duhai Dzat yang Maha Pengasihdi dunia dan di akhirat, Limpahkanlah Kasih Sayang-Mu atas keduanya kepada kami (dunia dan akhirat) Engkaulah yang Memeliharaku dan Engkaulah Tuhan harapanku, limpahkanlah Rahmat-Mu dengan Rahmat (kasih sayang) dari-Mu, hanya dari-Mu dan dari Sisi-Mu sehingga hamba menjadi orang yang kaya akan Rahmat-Mu dan tidak membutuhkan kasih sayang dari yang lainnya.

6. TASBIHNYA NABI AYUB, AS

-﴿تَسْبِيْحُ أَيُّوْبَ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ الْجَلِيْلِ الْجَمِيْلِ, سُبْحَانَ الْعَلِـــيىِّ الْحَمِيْدِ, سُبْحَانَ الْوَاسِعِ الْغَنِـــيِّى, سُبْحَانَ اللهِ وَتَعَالٰى, سُبْحَانَ مَنْ يَكْشِفُ الضُّرَّ.   
Maha Suci Dzat yang Maha Agung lagi Maha Indah. Maha Suci Dzat yang Maha Tunggi lagi Maha Terpuji. Maha Suci Dzat Yang Maha Luas lagi Maha Kaya. Maha Suci Allah yang Maha Tinggi. Maha Suci Dzat Yang telah menghilangkan kesempitan.

7. TASBIHNYA NABI SHALIH, AS
  
-﴿تَسْبِيْحُ صَالِحٍ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ الْفَرْدِ الْوِتْرِ, سُبْحَانَ الْعَظِيْمِ اْلأَعْظَمِ, سُبْحَانَ الْوَاحِدِ اْلأَحَدِ الْـمَاجِدِ, سُبْحَانَ مَنْ هُوَ حَفِيْظٌ لَا يَغْفُلُ, سُبْحَانَ مَنْ هُوَ غَنِـــــيٌّى لَا يَفْتَقِرُ.
Maha Suci Dzat yang maha Tunggal Lagi Maha Esa. Maha Suci Dzat Yang Maha Agung lagi maha Perkasa. Maha Suci Dzat yang Maha Satu lagi Maha Esa dan Maha Mulia. Maha Suci Dzat yang Maha Memelihara yang tidak pernah Lupa. Maha Suci Dzat yang Maha Kaya yang tidak pernah fakir (membutuhkan orang lain)
   
8. TASBIHNYA NABI YUNUS, AS
-﴿تَسْبِيْحُ يُوْنُسَ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ الْقَاضِى اْلأَكْبَرِ, سُبْحَانَ الْخَالِقِ الْبَارِئِ, سُبْحَانَ الْقَادِرِ الْـمُقْتَــدِرِ, سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ, سُبْحَانَ اللهِ الْحَقِّ, سُبْحَانَ اللهِ الْقَابِضِ الْبَاسِطِ, سُبْحَانَ النَّافِعِ, سُبْحَانَ الْقَاضِى الْحَقِّ.
Maha Suci Dzat yang Maha Memutuskan lagi Maha Besar. Maha Suci Dzat Yang Maha Menciptakan lagi Maha Membebaskan (melepaskan, menyeimbangkan). Maha Suci Dzat yang Maha Kuasa lagi Maha Menguasai. Maha Suci Allah yang maha Agung dan dengan segala puji-pujian (tertuju) kepada-Nya. Maha Suci Allah yang Maha Mencabut lagi Maha Melapangkan. Maha Suci Dzat Yang Maha Pemberi Manfaat. Maha Suci Dzat yang Maha Memutuskan lagi maha Benar.

9. TASBIHNYA NABI YA’KUB, AS

-﴿تَسْبِيْحُ يَعْقُوْبَ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
يَارَجَاءَ الْـمُؤْمِنِــيْنَ لَا تَقْطَعُ رَجَائِى وَيَاغِيَاثَ الْـمُسْتَغِــيْثِــيْن أَغِثْــنِى, وَحَبِــيْبَ التَّوَّابِــيْنَ تُبْ عَليىَّ.
Duhai Dzat yang menjadi harapan seluruh orang mukmin, janganlah Engkau putuskan harapanku, Duhai Dzat yang maha Penolong bagi orang-orang yang membutuhkan pertolongan, tolonglah aku. (Engkaulah yang menjadi) kekasihnya orang-orang yang bertaubat, (maka dari itu)terimalah taubatku.   

10. TASBIHNYA NABI YUSUF, AS
-﴿تَسْبِيْحُ يُوْسُفَ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ مَنْ هُوَ رَحِيْمٌ لَا يَعْجِلُ, سُبْحَانَ مَنْ هُوَ  رَقِيْبٌ لَا يَغْفُلُ, سُبْحَانَ مَنْ هُوَ جَوَّادٌ كَرِيْمٌ لَايَــبْخَلُ, سُبْحَانَ مَنْ هُوَ غَنِــــيىٌّ لَا يَفْتَقِرُ.  (وهذا الدعاء يوسف عليه السلام) اَللّٰهُمَّ يَاصَانِعَ كُلَّ مَصْنُوْعٍ,  وَيَا جَابِرَ كُلَّ كَبِــيْرٍ, وَيَا مُؤْنِسَ كُلَّ وَحِيْدٍ, وَيَا صَاحِبَ كُلَّ غَرِيْبٍ, وَيَا قَرِيْبَ كُلَّ بَعِيْدٍ, وَيَا شَاهِدَ كُلَّ نَجْوٰى, وَيَا حَاضِرَ كُلّ مَلَاءٍ, وَيَا غَالِبَ كُلَّ مَغْلُوْبٍ. أَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ لِى مِنْ أَمْرِىْ فَرْجًا وَمَخْرَجًا وَأَنْ تَقْذِفَ حُبِّكَ فِى قَلْبِى حَتَّى لَا يَكُوْنَ لِى ذِكْرٌ غَيْرَكَ, وَرَجَاءُكَ حَتَّى لَا أَرْجُوْ أَحَدًا غَيْرَكَ.
Maha Suci Dzat Yang Maha Pengasih yang tidak pernah terlambat dalam mengasihi. Maha Suci Dzat yang Maha Dekat yang tidak pernah lupa. Maha Suci Dzat Yang Maha Indah lagi Maha Mulia yang tidak pernah pelit. Maha Suci Dzat yang Maha Kaya dan tidak pernah Fakir.
(Berikut ini juga termasuk salah satu doa yang sering di baca oleh nabi Yusuf AS)
Ya Allah, Engkaulah Dzat yang Maha Menciptakan seluruh ciptaan  Duhai Dzat yang Maha Mulia yang memuliakan orang-orang besar. Duhai Dzat yang membrikan kenyamanan kepada tiap-tiap individu. Duhai Pemilik segala sesuatu yang ghorib (asing). Duhai Dzat yang Maha mendekatkan segala sesuatu yang jauh. Duhai Dzat yang Maha melihat (menyaksikan) atas segala sesuatu yang samar. Duhai Dzat yang Maha Hadir dalam setiap kepenuhan. Duhai Dzat yang Maha Mengalahkan diatas segala sesuatu  yang mengalahkan. Hamba memohon kepada-Mu untuk menjadikan kemudahan disetiap kesempitanku dan memberikan jalan keluar (atas segala masalahku). Pancarkanlah cahaya cinta kepada-Mu ke dalam hatiku sehingga tidak ada lagi ingatan kepada selain Engkau. Dan (bukalah pintu) harapan dari-Mu sehingga tidakada lagi harapan yang lain slain Engkau.   
          
11. TASBIHNYA NABI YAHYA, AS
-﴿تَسْبِيْحُ يَحْيٰى عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ يَا مَنْ لَا يَدْفَعُ شَيْئٌ قُدْرَتُهُ, سُبْحَانَ مَنْ لَا يَبْلُغُ اْلأَعْمَالَ شُكْرُهُ, سُبْحَانَ مَنْ لَا يُحْيِى الْـمَوْتٰى غَيْرُهُ.
Maha Suci Dzat yang tidak pernah ada dari segala sesuatu yang menolak akan Kekuasaan-Nya. Duhai Dzat yang tidak pernah menolak Syukurnya seluruh amalan. Maha Suci Dzat yang Maha Hidup dan tidak pernah mati.

12. TASBIHNYA NABI MUSA, AS
-﴿تَسْبِيْحُ مُوْسٰى عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ مَنْ لَا يَعْتَدِىْ أَجَلُ مَمْلَــكَــتُهُ, سُبْحَانَ مَنْ عَلْوُهُ دَانٌ وَفِى دَنْوِهِ عَالٌ, وَفِى إشْرَاقِهِ مُنِــيْرٌ, وَفِى سُلْطَانِهِ قَوِيٌّ وَفِى مُلْــكِهِ عَزِيْزٌ, اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ وَإِلَيْكَ الْـمُشْتَــكَى وَأَنْتَ الْـمُسْتَعَانُ, وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِــيِّى الْعَظِيْمِ, اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَـمِــيْنَ, اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَهُ بَــيْنَ عَيْنَيْهِ وَشَرِّهِ تَحْتَ رِجْلَيْهِ, اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَزُوْرُكَ فِى نُحُوْرِهِ وَاسْتَعِيْنُكَ بِكَ عَلَيْهِ وَأَعُوْذُبِكَ بِعِزَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ أَنْتَ عَظِيْمٌ فَوْقَ عَرْشِكَ, مِنْ فَوْقِ السَّمَاءِ فَلَا يَصِفُ عَظَمَتِكَ أَحَدٌ مِنْ خَلْقِكَ, يَااللهُ سُبْحَانَ مَا أَعْظَمَ شَأْنُهُ, لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ سُبْحَانَ اللهِ مَا أَعْلَمَ اللهُ, لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ الْحَلِيْمِ الْكَرِيْمِ, سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ, وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَــمِــيْنَ.
Maha Suci Dzat yang maha Peguasa yang tidak terbatas kekuasaan-Nya.maha Suci Dzat yang Maha Tinggi yang tingginya tidak terlampaui. Dan di dalam pancaran cahaya-Nya memancarkan cahaya. Dan di dalam Singgasana-nya yang sangat Kuat dan didalam Kerajaan-Nya sangat Mulia. Ya Allah, hanya kepada-Mu segala pujian, dan kepada-Mu lah tempat mengadu dan Engkaulah Dzat yang Maha memberi Pertolongan. Dan tiada daya dan upaya selain atas pertolongan-Mu. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Ya Allah, jadikanlah akhirnya diantara kedua matanya, dan kejelekkannya dibawah kedua kakinya. Ya Allah, sesungguhnya hamba menghadap-Mu melalui pengorbanannya dan kami meminta pertolongan kepada-Mu untuknya, dan hamba memohon perlindungan kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu dan Kekuasaan-Mu. Engkaulah Dzat Yang maha Agung Perangainya. Tuada Tuhan selain Engkau, maha Suci Allah, Alangkah lebih tahunya Engkau Ya Allah. Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad utusan Allah, (Allah) Dzat yang Maha Bijaksana lagi Maha Mulia. Maha Suci Allah yang memelihara Arasy dan yang maha Mulia. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.              

13. TASBIHNYA NABI HARUN, AS
-﴿تَسْبِيْحُ هَارُوْنُ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ مَنْ هُوَ فِى كُلِّ شَأْنِهِ لَهُ الْـمَدْحُ فِى جَمِيْعِ شَأْنِهِ مِنَ الْـمَجْدِ وَالثَّــنَاءِ وَالْعُلْوِ حتَّى ظَهَرَتْ عَلَى تَسْبِيْحِ الْعِزَّةِ سُبْحَانَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ.
Maha Suci Dzat yang setiap kehendaknya selalu terpuji dalam setiap Ketetapan-Nya sehingga terlihatlah bacaan tasbih kemuliaan, Maha Suci Dzat yang Maha Agung dan dengan memuji-Nya. 
14. TASBIHNYA NABI ISA, AS
-﴿تَسْبِيْحُ عِيْسٰى عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ الْبَاعِثِ الْوَارِثِ سُبْحَانَ الْقَائِمِ الدَّائِمِ, سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ.
Maha Suci Dzat yang Maha membangkitkan lagi Maha Mewariskan. Maha Suci Dzat Yang Maha berdiri lagi Maha Abadi. Maha Suci Allah Dzat yang Maha Agung dan dengan memuji-Nya. Maha Suci Allah yang Maha Agung.      

15. TASBIHNYA MALAIKAT IZRAIL, AS
-﴿تَسْبِيْحُ عِزْرَائِــيْلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ﴾-
سُبْحَانَ مَنْ تَعَزَّزَ بِالْقُدْرَةِ وَالْبَقَاءِ, وَقَهْرِ عِبَادِهِ بِالْـمَوْتِ وَالْفَنَاءِ, سُبْحَانَ الْحَكَمُ الْعَدْلُ, سُبْحَانَ ذِى الْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ, لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ الْعَظِيْمُ آمَنْتُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ,  لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ الْعَظِيْمُ. لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِــيِّى الْعَظِيْمِ.
Maha Suci Dzat yang Mulia dengan kekuasaan dan Ke Abadian-Nya. Dan Dzat yang Maha Memaksa kepada hamba-Nya dengan kematian dan kehancuran. Maha Suci Dzat yang Maha Menghukumi lagi maha Adil. Maha Suci Dzat yang Memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Tiada Tuhan selain Allah Dzat yang Maha Agung. Hamba beriman kepada Allah Dzat Yang Maha Agung. Tiada Tuhan selain Allah Dzat yang Maha Agung. Tiada aya dan upaya selain atas kehendak-Mu.
   
16. TASBIHNYA NABI MUHAMMAD, SAW
-﴿تَسْبِيْحُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ﴾-
سُبْحَانَ وَبِحَمْدِهِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ بِحَمْدِكَ, اَللّٰهُمَّ فَارِجَ الْهَمِّ وَكَاشِفَ الْغَمِّ مُجِيْبَ الدَّعْوَةِ اْلـمُضْطَرِّيْنَ رَحْمٰنَ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَرِحِيْمَهُمَا.
Maha Suci Dzat dan dengan memuji-Nya tiada Tuhan selain Engkau dan dengan memuji-Mu. Ya Allah hilangkanlah kesusahanku, dan sirnakanlah kegelisahanku (Duhai) Dzat yang Maha Mengabulkan doa-doanya orang yang terjepit (dalam kesempitan), duhai Dzat Yang Maha pengasih di dunia dan akhirat, dan Dzat yang Menyayangi keduanya (dunia akhirat).  
(وهذه الدعاء النبى ﷺ آخر) اَللّٰهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِى مِنَ النِّفَاقِ وَعَمَلِـىْ مِنَ الرِّيَاءِ وَعَيْنَىْ مِنَ الْخِيَانَةِ فَإِنَّكَ تَعْلَمُ خَائِنَةِ اْلأَعْــيُنِ وَمَا تَخْفِى الصُّدُوْرِ, سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ, اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَوَسِّعْ عَلَى رِزْقِى وَحَسِّنْ خُلُقِى وَطَيِّبْ لِى كَسْبِىْ, وَاقْنِعْنِى مِمَّا رَزَقْـــتَنِى وَلَا تَذْهَبْ نَفْسِى إِلَى شَيْئٍ صَرْفَتَهُ عَنِّى وَلَا تُخْرِجْنِى مِنَ الدُّنْيَا حَتَّى تَرْضَى عَنِّى بِرَحْمَــتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِــيْنَ.  
(وهذه الدعاء النبى ﷺ آخر) اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِى آخِرَهُ, وَاجْعَلْ خَيْرَ أَعْمَالِى خَوَاتِمِهَا, وَاجْعَلْ خَيْرَ أَيَّامِى يَوْمَ أَلْقَاكَ.
BERIKUT MERUPAKAN DOA NABI MUHAMMAD
Ya Allah, bersihkanlah hatiku darisifat kemunafikan, dan bersihkanlah amal perbuatanku dari sifat riya’ (pamer), dan bersihkanlah kedua mataku dari sifat khianat, karena Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui segala kenyataan yang dilihat oleh mata dan segala keadaan yang ada di dalam setiap hati. Maha Suci Allah dengan memuji-Nya. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, lapangkanlah rizkiku, baguskanlah akhlakku, bersihkanlah (bereskanlah) pekerjaanku, berilah aku sifat qonaah (menerima apa adanya atas pemberian-Mu) dan janganlah Engkau hilangkan keinginanku untuk mendapatkan sesuatu yang sekianya dapat memalingkanku dari pada-Mu, janganlah Engkau mengeluarkanku dari dunia ini tanpa Ridlo dari-Mu, dengan Rahmat dan kasih sayang-Mu duhai Dzat Yang Maha Penyayang diantara para peyayang.
(وهذه الدعاء النبى ﷺ فى الغار) يَامُؤْنِسَ الْـمُسْتَوَحْشِيْنَ يَا أَنِــيْسَ الْـمُتَفَرِّدِيْنَ يَا ظَهِيْرَ  اْلـمُنْقَطِعِيْنَ يَا مَالَ الْـمُقَلِّــيْنَ يَا قُوَّةَ الْـمُسْتَضْعَفِيْنَ يَا كَنْزَ الْفُقَرَآءِ يَا مَوْضِعَ شَكْوٰى الْغُرْبَاءِ, يَا مُتَفَرِّدًا بِالْجَلَالِ, يَا مَعْرُوْفًا بِالنَّوَالِ, يَا كَــثِـيْرَ اْلإِفْضَالِ أَغِــثْنِى عِنْدَكَ كُرْبَتِى بِحَقِّ مُحَمَّدٍ وَآلِهِ,    

BERIKUT MERUPAKAN DOA NABI MUHAMAD KETIAK BERADA DI DALAM GOA
Duhai Dzat yang memberikan rasa aman kepada orang-orang yang sedang dalam ketakutan, duhai Dzat yang memberikan rasa ketenangan kepada orang-orang yang sedang dalam kesendirian, duhai Dzat Yang memberikan harapan kepada orang-orang yang sedang dalam keputusasaan. Dyhai Dzat yang memberikan klapangan kepada orang yang sedang dalam kesempitan. Duhai Dzat yang Maha memberikan kekuatan kepada orang-orang yang sedang dalam kelemahan. Duhai Dzat yang menjadi gudang simpanannya orang-orang fakir. Duhai Dzat yang menjadi tempat mengadunya orang-orang yang sedang dalam keasingan (kesepian) Duhai Dzat Yag Maha Tunggal dengan segala ke-Agungan-Nya. Duhai Dzat yang dikenal sebagai Yang Maha Memberi. Duhai Dzat Yang Maha memberikan Anugerah, hamba bersimpuh kepada-Mu untuk segala kesempitan hamba, dengan hak-nya Nabi Muhammad dan kelurganya. 

17. DOA SAYIDINA HAMZAH RA.
-﴿دُعَاءُ حَمْزَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ﴾-
اَللّٰهُمَّ اعْصِمْنِى بِحَبْلِكَ وَارْزُقْنِى بِفَضْلِكَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الَّذِيْنَ أَمَرَكَ وَيَحْفَظُوْنَ وَصِيَّـتَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِــيْنَ.
Ya Allah, lindungulah hamda dengan selalu berpegang teguh kepada-Mu, dan limpahkanlah rizki-Mu kepada hamba dengan Anugerah-Mu, dan jadikanlah hamba sebagai bagian daari orang-orang yang Engkau Perintah untuk menjaga segala wasiat-Mu duhai Dzat yang Maha Penyayang diantara para penyayang.

18. DOA SAYIDINA ALI KARROMALLHU WAJHAH.
-﴿دُعَاءُ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ﴾-
إِلٰهِىْ طُمُوْحُ اْلآمَالِى قَدْ جَابَتْ إِلَّا لَدَيْكَ, وَعُكُوْفُ الْهُمُوْمِ قَدْ تَعَطَّلَتْ إِلَّا عَلَيْكَ, وَمَذَاهِبُ النُّفُوْسِ قَدْ ضَلَّتْ إِلَّا إِلَيْكَ, فَأَنْتَ الْـمَلْجَأُ وَإِلَيْكَ الْـمَلْجَأُ يَاأَكْرَمَ الْـمَقْصُوْدِ وَأَجْوَدَ مَسْؤُوْلِ, هَرَبْتُ إِلَى نَفْسِكَ آتِــيَةٌ بِأَحْمَالِ الذُّنُوْبِ فَاحْمِلْهَا عَنْ ظَهْرِىْ, يَا مَلْجَأَ الْهَادِيْنَ لَا أَجِدُ شَافِعًا إِلَيْكَ إِلَّا مَعْرِفَتِى بِأَنَّكَ أَكْرَمَ مَنْ قَصَدَ إِلَيْهِ الْـمُضْطَرُّوْنَ وَأَمَلَ مَا لَدَيْهِ الرَّاغِبُوْنَ, مَا مَنْ فَتَقَ بِمَعْرِفَتِهِ وَانْطَقَ اْلأَلْسُنُ بِحَمْدِهِ, وَجَعَلَ مَأْمَنَ مَنْ بِهِ مِنْ ذَلِكَ لِتَأْدِيَةِ حَقِّهِ, لَا تَجْعَلِ الْهُمُوْمَ إِلَى قَلْبِى سَبِيْلًا وَلَا لِلْبَاطِلِ عَلَى أَمَلِىْ دَلِيْلًا وَاخْتِمْ لىِ بِخَيْرٍ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.  
(وهذا الدعاء على أيضا) اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشِّقَاقِ وَالنِّفَاقِ وَسُوْءِ اْلأَخْلَاقِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
Duh Gusti, seluruh cita-cita dari semua amalku terputus keculai hanya atas kehendak-Mu. Seluruh persembahanku terhenti kecuali hanya untuk-Mu. Seluruh nafasku hilang kecuali kepada-Mu. Hanya Engkaulah harapanku, dan tidak ada harapan lain kecuali kepada-Mu, Duhai Dzat yang Maha Mulia yang menjadi tujuan dan tempat mengadukan semua persoalan. Hamba lari menuju-Mu dengan memikul banyaknya dosa, maka bawalah (ambillah) dosa-dosaku ini dari punggungku. Duhai Dzat yang menjadi harapan, Duhai Dzat Pemberikan Petunjuk. Hamba tidak menemukan penolong satupun kecuali Engkau. Hanya Engkaulah yang aku kenal. Karena Engkaulah Dzat yang paling mulia yang menjadi tujuan bagi orang-orang yang sedang dalam kesusahan. Engkaulah Dzat yang menjadi dambaan bagi para pecinta-Mu. Tidak ada seorang pun yang jatuh miskin karena mengenal-Mu. Seluruh lisan berbicara dengan memuji-Mu. Engkaulah Dzat yang menjadikan rasa aman bagi orang yang Engkau Kehendaki. Janganlah Engkau berikan celah (menuju) kesusahan di dalam hatiku, dan jangan pula Engkau sesatkan ati ini karena perbuatanku. Dan jadikanlah hamaba-Mu ini sebagai orang yang Husnul Khotimah, duhai Dzat Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.
(Berikut termasuk doa Sayidina Ali KW yang lain)
Ya Allah,Hamba mohon perlindungan kepada-Mu dari dari kecelakaan (ketsengsaraan), dan hamba memohon agar dijauhkan dari sifat munafik dan buruknya akhlak, dengan Rahmat-Mu Duhai Dzat yang Maha Penyayang diantara para penyayang.

19. DOA AHLUL BAIT (KELUARGA NABI )  
-﴿دُعَاءُ أَهْلَ الْبَيْتِ مُحَمَّدٍ ﷺ﴾-
يَا مَنْ لَبِسَ الِعِزَّ وَتَرَدّٰى بِهِ سُبْحَانَ مَنْ تَعَطَّفَ بِالْـمَجْدِ وَتَـــكَرَّمَ, سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنْبَغِى التَّسْبِيْحَ ﷻ سُبْحَانَ مَنْ أَحْصٰى كُلَّ شَيْئٍ عَدَدَ بِعِلْمِهِ وَخُلُقِهِ وَقُدْرَتِهِ سُبْحَانَ ذِى الْعِزِّ وَالنِّعَمِ, سُبْحَانَ ذِى الْقُدْرَةِ وَالْـكِرَمِ, سُبْحَانَ ذِى الْـمَنِّ وَالنِّعَمِ, اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِمَقَائِدِ الْعِزِّ مِنْ عَرْشِكَ وَمُنْتَهٰى الرَّحْمَةِ مِنْ كِتَابِكَ وَبِاسْمِكَ اْلأَعْظَمِ وَجْدِكَ اْلأَعْلَى وَكَـلِمَاتِكَ التَّــآمَّاتِ الَّتِى تُمْتُ صِدْقًا وَعَدْلا أَنْ تُصِلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ الطَّيِّــبِــيْنَ الطَّاهِرِيْنَ. وَأَنْ تَجْمَعَ لِى خَيْرَ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ بَعْدَ عُمْرٍ طَوِيْلٍ, اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ أَنْتَ هَدَيْتَنِى, وَأَنْتَ تَطْمَعْنِى وَتَسْقِيْنِى, وَأَنْتَ تُمِيْتُنِى وَتُحْيِــيْنِى يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
Duhai Dzat yang Menyandang Keagungan dan yang menjadi alternatif utama, Maha Suci Engkau yang Maha me-Lembut-kan dengan ke-Agungan-Nya serta ke-Mulia’an-Nya. Maha Suci Dzat yang tidak pantas bagin-Nya bacaan tasbih kecuali untuk meng-Agunagkan-Nya. Maha Suci Dzat yang menghitung segala sesuatu sebanyak bilangan Ilmu-Nya, makhluk-Nya dan Kekuasaan-Nya. Maha Suci Dzat Pemiliki keagungan dan kenikmatan. Maha Suci Dzat Pemilik Kekuasaan dan Kemuliaan. Maha Suci Dzat Pemilik Anugerah dan Kenikmatan. Ya Allah, hamba memohon kepada-Mu kedudukan yang mulia dari Arasy-Mu dan pangkalnya Rahmat-Mu (yang datang) datang dari Kitab-Mu, dan dengan Nama-Mu yang Maha Agung   

-﴿دُعَاءُ زَيْنَ الْعَابِدِيْنَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ﴾-
اَللّٰهُمَّ نَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَيْجَانِ الْحِرْصِ وَسُوْرَةِ الْغَضَبِ وَغَلَبَةِ الْجَسَدِ وَضَعْفِ الصَّبْرِ  وَقِلَّةِ الْقَنَاعَةِ وَشَكَاسَةِ الْخُلُقِ وَإِلْحَاءِ الشَّهْوَةِ وَمُلْـكَةِ الْحَمِيَّةِ وَمُتَابِعَةِ الْهَوٰى وَمُخَالَفَةِ الْهَوٰى وَسُنَّةِ الْغَفْلَةِ وَتَعَاطٰى الْكَـلْفَةِ وَإِيْـثَارِ الْبَاطِلِ عَلَى الْحَقِّ وَاْلإِصْرَارِ عَلَى الْـمَأْثَمِ وَاسْتِقْلَالِ الطَّاعَةِ وَاسْتِكْـثَارِ الْـمَعْصِيَةِ وَمُبَاهَاتِ الْـمَكْـثُوْرِيْنَ وَاْلإِزْرَاءِ عَلَى الْـمُقَلِّــيْنَ وَسُوْءِالْوِلَايَةِ لِـمَنْ تَحْتَ أَيْدِيْنَا وَتَرْكِ الشُّكْرِ لِـمَنِ اصْطَنَعَ الْعَافِيَةَ عِنْدَنَا أَوْ تَخْذِلُ مَدْهُوْقًا أَوْنَرُوْمَ مَا لَيْسَ بِحَقٍّ أَوْ نَقُوْلَ فِى الْعِلْمِ بِغَيْرِ عِلْمٍ, وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ سُوْءِ السَّرِيْرَةِ وَاحْتِقَارِ الصَّغِيْرَةِ وَأَنْ يَسْتَحْوَذَ عَلَيْنَا الشَّيْطَانُ أَوْيَكْسَنَا الزَّمَانُ أَوْ يَـهْتَضْمَنَا السُّلْطَانُ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ تَنَاوُلِ اْلإِسْرَافِ وَمِنْ فَقْدَانِ اْلـكَـافِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَمَاتَةِ اْلأَعْدَآءِ وَمِنَ الْفَقْرِ إِلَى اْلأَكْفَاءِ وَمِنْ عَيْشَةِ فِى شِدَّةٍ وَمَيْتَةٍ عَلَى غَيْرِ عِدَّةٍ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْحَسِيْرَةِ الْـكُبْرَى واَلـْمُصِيْبَةَ الْعُظْمَى وَمِنَ الشَّقَاءِ اْلأَشْقَى وَمِنْ سُوْءِ الْـمَآءِ وَحِرْمَانِ الثَّوَابِ وَحُلُوْلِ الْعِقَابِ, اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَأَعِذْ مِنْ كُلِّ ذَلِكَ بِرَحْمَتِكَ ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

-﴿دُعَاءُ جَعْفَرُ الصَّادِقِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ﴾-
اَللّٰهُمَّ أِحْيِنِى سِعِيْدًا وَأَمِتْنِى شَهِيْدًا بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِــيْنَ.

-﴿دُعَاءُ أَبُوْ بَكْرٍ اَلصِّدِّيِقِ عَلَّمَهُ النَّبِــيُّى إِيَّاهُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ﴾-
اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيِّكَ وَإبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِكَ وَمُوْسٰى نَجِيِّكَ وَعِيْسٰى كَـلِمَتِكَ وَرُوْحِكَ وَبِكَلَامِ مُوْسٰى وَإِنْجِيْلَ عِـيْسٰى وَزَبُوْرَ دَاوُدَ وَفُرْقَانَ مُحَمَّدٍ ﷺ وَبِكُلِّ وَحْيٍ أَوْحَيْتَهُ أَوْ قَضَاءِ قَضَيْتَهُ أَوْ سَائِلٍ أَعْطَيْتَهُ أَوْ غَنِــيِّى أَفْقَرْتَهُ أَوْ فَقِيْرٍ أَغْنَيْتَهُ أَوْ ضَآلٍ هَدَيْتَهُ, وَأَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِى أَنْزَلْتَهُ عَلَى مُوْسٰى ﷺ  وَأَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِى تَـثَبَّتَ بِهِ أَرْزَاقَ الْعِبَادِ وَأَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِىْ وَضَعْتَهُ عَلَى اللَّيْلِ فَاسْتَقَرَّتْ وَأَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِىْ وَضَعْتَهُ عَلَى السَّمٰوٰاتِ فَاسْتَقَلَّتْ, وَأَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِى وَضَعْتَهُ عَلَى الْجِبَالِ فَأَرْسَتْ, وَأَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِىْ اسْتَقَلَّ بِهِ عَزِمَتُكَ , وَأَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الطَاهِرُ الْـمُطَهِّرُ اْلأَحَدُ الصَّمَدُ الْوِتْرُ الْـمُنَـزَّلُ فِى كِـتَابِكَ مِنْ لَدُنْكَ مِنَ الْفَوْزِ الـمُبِــيْنِ. وَأَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِى وَضَعْتَهُ عَلَى النَّـهَارِ فَاسْتَنَارَ وَعَلَى اللَّيْلِ فَأَظْلَمَ وَبِعَظَمَتِكَ وَكِبْرِيَائِكَ وَبِنُوْرِ وَجْهِكَ أَنْ تَرْزُقَنِى الْقُرْآنَ الْعَظِيْمَ وَالْعِلْمَ وَتُخَلِطَهُ بِدَمِى وَلَحْمِى وَسَمْعِى وَبَصَرِىْ وَتَسْتَعْمِلُ بِهِ جَسَدِىْ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ فَإِنَّهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِـيْنَ. 
          
Demikian sedikit uraian tentang doa atau aurad yang sering di baca oleh nabi Adam dalam merenungi nasibnya dan seluruh keturunannya hidup di dunia yang fana ini. Denganharapan seluruh dosa dan kejahatan kita diampuni oleh Allah
وصلى الله على سيدنا محمد النبيى الأميى  وعلى آله وصحبه وسلم

-﴿دعاء آدم عليه السلام﴾-

Monetize your website traffic with yX Media

0 Response to "TASBIHNYA PARA NABI"

Posting Komentar