Monetize your website traffic with yX Media
Monetize your website traffic with yX Media

HIZIB SYARIF II WIRID MUBARROK 02 SYAIKH AHMAD RIFA'I RA

yX Media - Monetize your website traffic with us

WIRID AL MUBARROK SYEKH AHMAD RIFA’I RA
BAGIAN KE-2

Sidi Ahmad bin Yahya bin Huzain bin Rifa'ah atau yang dikenal dengan sebutan Syaikh Ahmad Rifa`i Pendiri Thoriqoh Rifa’iyah. Beliau lahir pada bulan Muharram tahun 500 H. / September 1106 M. Ada juga yang berpendapat bahwa beliau lahir pada bulan Rajab tahun 512 H/ Oktober-November 1118 M.

Sebagian sumber menyebut Syaikh Ahmad Rifa'i lahir di Marokko, tetapi sumber yang kuat menyatakan ia lahir di Qaryah Hassan, dekat Basrah di Irak. Menurut satu cerita, nama Rifa'i berkaitan dengan nama Suku Rifa'i yang tinggal di Makkah sejak tahun 217 H tetapi pindah ke Sevilla di Spanyol. Pada masa kakek Syaikh Ahmad Rifa'i pada tahun 450 H, datanglah keluarga Rifa'i ke Basrah. Oleh karena datang dari barat, maka kakek Syaikh Ahmad Rifa'i memakai nama Al-Maghribi. Sebagian meriwayatkan, ayah dari Syaikh Ahmad Rifa'i yang pindah dari Maghrib ke Irak, tinggal di kota Ummu ‘Ubaidah di Batha'ih.
Menurut riwayat, ketika beliau berusia 7 tahun, ayah Syaikh Ahmad Rifa'i  wafat di Baghdad. Kemudian beliau diasuh oleh pamannya, Syaikh Mansyur Al-Batha'ih, yang tinggal di Basrah yang merupakan Mursyid thariqah.
Syaikh Ahmad Rifa’i pertama kali belajar Ilmu Fiqih yang bermazhab Syafi'iyah dengan mempelajari Kitab Al-Tanbih dari Syaikh Abul Fadl Al-Wasithi, akan tetapi belakangan ia  lebih cenderung kepada ilmu tasawuf. Kemudian di bawah bimbingan pamannya, Syaikh Ahmad Rifa'i memasuki dunia tasawuf secara mendalam sampai ia meneruskan kedudukan pamannya.


Salah satu Wrid karya Syekh Ahmad Rifa’i RA penuh dengan keberkahan.
KAIFIYAHNYA : Dibaca setiap selesai sholat fardlu secara rutin
-﴿وِرْدُ الْـمُبَارَّكُ لِشَيْخِ أَحْمَدِ الرِّفَاعِى رَضِيَ اللهُ عَنْهُ﴾-
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنَ النِّعْمَةِ تَمَامُهَا, وَمِنَ الْعِصْمَةِ دَوَامُهَا, وَمِنَ الرَّحْمَةِ شُمُوْلُهَا, وَمِنَ الْعَافِيَةِ حُصُوْلُهَا, وَمِنَ الْعِيْشِ أَرْغَدُهُ, وَمِنَ الْعُمْرِ أَسْعَدُهُ, وَمِنَ اْلإِحْسَانِ أَتَمُّهُ وَمِنَ اْلإِنْعَامِ أَعَمُّهُ, وَمِنَ الْفَضْلِ أَعْذَبُهُ, وَمِنَ اللُّطْفِ أَنْـفَعُهُ.
اَللّٰهُمَّ كُنْ لَنَا وَلَا تَــكُنْ عَلَيْنَا, اَللّٰهُمَّ اخْتْمْ بِالسَّعَادَةِ آجَالُنَا, وَحَقِّقْ بِالزِّيَادَةِ آمَالُنَا, وَاقْرُنْ بِاْلعَافِيَةِ غُدُوَّنَا وَآصَالُنَا, وَاجْعَلْ إِلٰى رَحْمَتِكَ مَصِيْرُنَا وَمَآلُنَا, وَاصْبُبْ سِجَالَ عَفْوِكَ عَلَى ذُنُوْبِنَا,  وَمُنَّ عَلَيْنَا بِإِصْلَاحِ عُيُوْبُنَا, وَاجْعَلِ التَّقْوٰى زَادُنَا, وَفِى دِيْنِكَ إجْتِـهَادُنَا, وَعَلَيْكَ تَوَكُّـلَنَا وَاعْتِمَادُنَا, وَإِلَى رِضْوَانِكَ مَعَادُنَا.
اَللّٰهُمَّ  ثَــبِّــتْنَا عَلَى نَهْجِ اْلإِسْتِقَامَةِ وَأَعِذْنَا فِى الدُّنْيَا مِنْ مُوْجِبَاتِ النَّدَامَةِ  يَوْمَ الْقِيَامَةِ,  اَللّٰهُمَّ خَفِّفْ عَنَّا ثِقَلَ اْلأَوْزَارِ وَارْزُقْنَا عِيْشَةَ اْلأَبْرَارِ وَاكْفِنَا وَاصْرِفْ عَنَّا شَرَّ اْلأَشْرَارِ وَأَعْتِــقْ رِقَابِنَا آبَائِنَا وَأُمَّهَاتِنَا وَإِخْوَانِنَا مِنَ النَّارِ  يَا عَزِيْزُ يَا غَفَّارُ, يَا كَرِيْمُ يَا سَتَّارُ يَا حَلِيْمُ يَا جَبَّارُ يَا اللهُ يَا اللهُ يَا اللهُ.
اَللّٰهُمَّ أَرِنِى الْحَقَّ حَقَّا وَارْزُقْنِى اتِّبَاعَهُ, وَأَرِنِى الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنِى اجْتِنَابَهُ, وَلَا تَجْعَلْ عَلَيَّ مُتَشَابِـهًا فَأَتَّبِعَ اْلهَوٰى.
اَللَٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَمُوْتَ فِى طَلَبِ الدُّنْيَا بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِـيْنَ. وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَـمِــيْنَ.

Ya Allah...! hamba memohon kepada-Mu untuk melimpahkan Nikmat-Mu yang sempurna kepada hamba. Penjagaan-Mu yang bersifat selamanya. Dan dari Rahmat-Mu yang selalu menyertai hamba. Dan dari Ampunan-Mu yang selalu hamba peroleh dari-Mu. Dan limpahkanlah kehidupan yang layak untuk hamba. Limpahilah umur hamba dalam dengan penuh kebahagiaan. Dan dari kebaikn yang sempurna. Dan dari kenikmatan-kemikmatan yang dapat melober. Dan dari Siksa-Mu hamab memohin anugerah Kepada-Mu. Dan manfaat dari sifat Kelembutan-Mu.
Ya Allah...! jadikanlah hamba sebagai ahlinya. Dan janganlah Engkau Jadikan Hamab sebagai orang yang bukan ahli dibidangnya. Ya Allah...! tutuplah uia hamba dalam keadaan beruntung. Dan nyatakanlah hamba sebagai orang yang selalu bertambah-tambah kebaikannya. Sertailah hidup hamba dengan kesehataan di pagi hingga sore harinya. Jadikanlah Rahmat-Mu sebagai tempat kembali dan harapan hamb. Curahkanlah setiap Ampunan-Mu sebagai pelebur dosa-dosa hamba. Limpahkanlah hidup hamba dengan penuh kedamaian dan menutupi aib-aib hamba. Tambahkanlah/tingkatkanlah ketaqwaan hamba. Jadikanlah hamba sebagai orang yang selalu berijtihad didalam agama hamba. Dan hanya kepada Engkaulah hamba memasrahkan diri dan Engkaulah tumphan harapan hamba, dan kepada Ridlo-Mu sebagai tempat kembalinya hamba.
Ya Allah...! tetapkanlah hamba dijalan istiqomah, dan hamba memohon perlindungan kepada-Mu dari urusan dunia sehingga kelak dihari kiamat hamba menyesali perbuatan hamba perbuat di dunia hamba.
Ya Allah...! Ringankanlah beban hamba. Dan anugerahilah hamba ini kehidupan yang baik/ layak. Cukupkanlah / hentikanlah semua kejelekan/ kejahatan yang datang kepada hamba, bebaskanlah budak-budak hamba, ayah, ibu, saudara-saudara hamba dari siksa api neraka, Duhai Dzat Yang Maha Mulia, Dhai Dzat Yang Maha Pengampun, Duhai Dzat Yang Maha Mulia, Duhai Dzat Yang Maha Menutupi, Duhai Dzat Yang Maha Bijaksana, Duhai Dzat Yang Maha Agung, Ya Allah Ya Allah Ya Allah.

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Monetize your website traffic with yX Media

0 Response to "HIZIB SYARIF II WIRID MUBARROK 02 SYAIKH AHMAD RIFA'I RA"

Posting Komentar