HIZIB MUHWI WAL FANA’I
KARYA SYEKH MUHYIDIN BIN A’ROBI
Hizib Muhwi wal Fana’i yang di karang
oleh Syekh kabir Ibnu Aroby. Jelas sekali dilihat dari namanya, yang artinya
hancur lebur. Maksudnya, seluruh alam maya pada ini tidak ada, hanya Allah
sajalah yang ADA. Hizib ini merupakan amalan para Sufisme yang sudah mencapai
taraf makam fana’, artinya dunia ini tidak ada. Hidup adalah mati, dan mati
adalah sejatinya hidup.
Kiranya tidak pantas bagi kami untuk
menjelaskan uraian dari hizib ini, karena hizib ini sudah menyangkut amaliyah
auliya’ al ulya. Hziib ini saya tulis hanya sebagai pengetahuan dan perbendaharaan
ilmu saja. Maaf jika kami tidak mengaitkan artinya karena seluruh kata dan
kalimat yang ada di dalam hizin ini penuh dengan makna sirr jaliy (rahasia
agung). Tidak pantas jika kami terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, karena
belum tentu bahasa yang kami gunakan cocok dan sesuai dengan maksud yang
terkandung di dalam kalimat-kalimat
teresebut. Namun tidak menutup kemungkinan bagi panjenengan yang sudah
mahir tentang susunan kata dan bahasa Arab, kami persilahakn untuk mengurainya
sendiri, kalau perlu mintalah ijazah dan sanad yang muttashil kepada Mujiz yang
sudah berkedudukan Mursyid.
Mohon maaf jika ada kekeliruan atapun
dalam penulisannya, mohon koreksinya. Adapun kitab yang kamijadikan rujukanan
adalah kitab Majmu’atul Ahzab wal Aurod karya Syekh Muhyiddin Ibnu Arobi
Al-Hatami, Terimakasih. Wallohu A’lam Bishowab.
-﴿ حِزْبُ الْـمُحْوِ
وَالْفَنَاءِ ﴾-
لِسَيِّـدِنَا مُحْيِ
الدِّيْنِ بْنِ الْعَرَبِى رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
إِلَى
حَضْرَةِ النَّــبِـــيِّ الْـمُصْطَفَى سَيِّـدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ ﷺ
وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أجْمَعِـــيْنَ, ثُمَّ إلَى حَضْرَةِ الشَّيْخِ مُحْيِ
الدِّيْنِ بْنِ الْعَرَبِى قَدَّسَ اللهُ سِرَّهُ وَنَوَّرَ ضَرِيْحَهُ وَيُعْلِىْ
دَرَجَاتِهِ شَيْئٌ للهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةِ : ....
بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
إلٰــهٍىْ إسْتَــهْلَكَ كُـــلِّــيَتِى فِى
كُـــلِّـــيَتِكَ, وَأَمَدَّ أَوْلِــيَتىِ لِأَوْلِـــيَـتِكَ حَتَّى أَشْهَدَ
أَوْلِيَـــتُـكَ فِى أَوْلِــيَــتِىْ, وَآخِرِيَّـــتُـكَ فِى آخِرِيَّـــتِىْ,
وَظَاهِرِيَّـــتُـكَ فِى ظَاهِرِيَّـــتِىْ, وَبَاطِنِــيَّــتُـكَ فِى
بَاطِنِــيَّــتِىْ, وَقَابِلِــيَّــتُكَ فِى قَابِلِــيَّــتِىْ, وَأنْتَ فِى
أَنِـــيَّـــتِىْ وَهَوِيَّــتُـكَ فِى هَوِيَّـــتِىْ, وَمَعِــيَّــتُـكَ فِى
مَعِـــيَّــتِىْ, حَتَّى أَكُوْنَ عُنْوَانَ ذَلِكَ السِّرِّ كُــلِّهِ, بَلْ
شَكْـلُهُ وَصُوْرَتُهُ وَيَدُهُ
وَبَطْشُهُ وَقُوَّتُهُ وَكَــلَامُهُ وَسَمْعُهُ وَمَشِيَّـــتُهُ وَطَاقَتُهُ
وَغَضْبُهُ وَاسْتِقَامَتُهُ وَعَفْوُهُ وَرِضْوَانُهُ وَحِجَابُهُ وَصَدُّهُ وَحَجْرُهُ
وَمَـــكْرُهُ وَلُطْفُهُ وَشَأْنُهُ وَنَارُهُ وَنُوْرُهُ وَحَوْضُهُ وَبَرْدُهُ
وَسُخْطُهُ وَتَــبَسَّمُهُ وَضَحْكُهُ وَعَجْبُهُ وَكُـلٌّ دِلَالَــتُهُ
وَدَلِــيْلُهُ وَسَبِــيْلُهُ وَطَرِيْقُهُ وَصِرَاطُهُ وَمُسْتَوَاهُ فىِ
أَرْضِهِ وَسَمَآئِهِ وَخِفَائِهِ فِى عَرْشِهِ وَصُوْرَتِهِ فِى إنْسَانِهِ
وَعِرْفَانِهِ فِى كُلِّ شَيْئٍ, وَهُوَ الشَّـــيْئُ الَّذِىْ يَــكُوْنُ بِهِ
وُجُوْدُ الشَّيْئِ, وَظَهْرُهُ وَسَوَادُ الشَّيْئِ وَبَيَاضُ الشَّيْئِ وَهُوَ
الشَّيْئُ, قَامَ فِى قُلُوْبِ أهْلِ الشَّيْئِ, وَمِنْ خَاصِيَــتِهِ وَأَمَدُّ
وِلَايَـــتِهِ وَمَحْبُوْبِـــيَّــتِهِ وَضَمِـــيْرِهِ ذِكْرِ الْـمَحْبُوْبِ
أَنْتَ اْلأَوَّلُ وَاْلآخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ وَأَنْتَ عَلَى كُـلِّ
شَيْئٍ قَدِيْرٌ.
مجموعة
أحزاب وأوراد, لشيخ الأكبر محي الدين محمد بن عربى الحاتمى
( صحيفة : 28)
0 Response to "HIZIB FANA' SYAIKH IBNU 'AROBY"
Posting Komentar