Monetize your website traffic with yX Media
Monetize your website traffic with yX Media

SHOLAWAT YUISRIYAH ASMA'UL HUSNA KE-04

yX Media - Monetize your website traffic with us
SHOLAWAT YUSRIYAH ALA KHOIRIL BARIYAH
BAGIAN KE EMPAT

Sholawat ini dikarang oleh Syukh Yusri Rasyid Sayyid Jabar Al Hasani Al Asyhary sosok Imam dan juga Khatib di masjid Al Asyrof di Muqattham. Sholawat Yusriyah Asma'ul Husna bagian ke empat ini memuat Asma' Allah (21) Yaa Qoobidhu (22) Yaa Basiithu (23) Yaa Khoofidhu (24) Yaa Roofi'u (25) Yaa Mu'izzu (26) Yaa Mudzillu (27) Yaa Samii'u (28) Yaa Bashiiru (29) Yaa Hakamu (30) Yaa 'Adlu
  

-﴿صلوات أسماء الحسنى﴾-
شَرْحُ الصًّلَوَاتِ الْيُسْرِيَّةِ عَلَى خَيْرِ الْبَرِيَّةِ: لِلْفَقِــيْرِ إِلَى اللهِ / يُسْرِى رُشْدِى السَّيِّدِ جَبْرُ


  ﴿21-22﴾ اَللّٰهُمَّ يَاقَابِضُ وَيَابَاسِطُ يَامَنْ لَا يَنْمَعُ قَبْضُهُ بَسْطَهُ وَلَا يَنْمَعُ بَسْطُهُ قَبْضَهُ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـقَابِضِ الْبَاسِطِ وَعَلٰى أٰلِهِ الَّذِى قَبَضْتَ اْلأَكْوَانَ مِنْ عِلْمِكَ فِى رُوْحَانِيَّــتِهِ وَبَسَتْطَهَا بِهِ فىِ الْوُجُوْدِ بِسِرِّ سَرَيَانِ رَحْمَةِ رُوْحَانِــيَّــتِهِ صَلَاةً تَقْبِضُهَا عَنْ كُلِّ مَا يَشْغَلُنَا عَنْكَ وَتَبْسُطُ لَنَا بِـهَا كُلَّ مَا يُقَرِّبُنَا مِنْكَ فَنَزْدَادُ بَسْطَةً فىِ الْعِلْمِ وَالرِّزْقِ وَالْعَافِيَةِ مَعَ الْقِيَامِ بِوَاجِبِ الشُّكْرِ فِى حَالَتِى الْقَبْضِ وَالْبَسْطِ فَلَا نَجْهَلُكَ فِى شَيْئٍ بَلْ نَــتَعَرَّفُ عَلَيْكَ فىِ كُلِّ شَيْئٍ فَنَـــكُوْنُ بِـهَا مِنْ أَهْلِ وَحْدَةِ الشُّهُوْدِ لِلْـمَلِكِ الْـمَعْبُوْدِ ﴿فَأَيْنَمَا تُوَلُّوْا فَثَمَّ وَجْهُ اللهِ : (البقرة 115)
Yaa Allah, yang Maha Menyempitkan, Duhai Dzat yang tiada yang dapat menghentikan-Nya untuk menyempitkan kelapangan-Nya, dan tiada pula yang dapat menghentikan Hak-Nya untuk melapangkah apa yang Dia sempitkan.  Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Abdul Qoobidh AL-Baasith beserta keluarganya. Engkau sempitkan segala segala yang Engkau ketahui dalam ruhaniyah, dan melapangkahnnya dalam wujud dengan sirr perjalanan rahmat secara ruhaniyah. 
Dengan bacaan sholawat yang dapat mencabut segala sesuatu yang menyibukkan kami dari-Mu, dan dengan bacaan sholawat ini lapangkahlah segala sesuatu yang dapat mendekatkan kami dengan-Mu sehingga bertambahlah kelapangan kami dalam hal ilmu, rizki, kesehatan dan dapat menjalankan kewajiban kami untuk bersyukur daalm setiap gerakku yang tersempitkan dan terlapangkan. Sehingga kami tidak merasa bodoh terhadap apa yang telah Engaku Anugerahkan kepada kami akan tetapi kami menjadi orang yang pengertian terhadap-Mu dalam segala sesuatu sehingga kami menjadi ahli wahdatusy syuhud (menyatu dengan persaksian) kepada Dzat yang Merajai, yang berhak disembah.      
﴿23-24﴾ اَللّٰهُمَّ يَاخَافِضَ أَهْلَ الضَّلَالَةِ وَالْغَوَايَةِ وَيَارَافِعَ أَهْلَ الْهِدَايَةِ وَاْلإِسْتِقَامَةِ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـقَابِضِ الرَّافِعِ وَعَلٰى أٰلِهِ الَّذِى خَفَضْتَ بِهِ كُلَّ مَنْ عَصَاهُ وَرَفَعْتَ بِهِ كُلَّ مَنْ أَطَاعَهُ وَاتَّبَعَ هُدَاهُ صَلَاةً تَرْفَعُنِى بِـهَا مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْـهِمْ وَتَخْفِضُنِى أَمَامَ نَفْسِى فَلَا أَتَعَالَى بِـهَا عَلَى أَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ وَلَا أَرَى لَهَا حَقًّا إِلَّا مَا أَوْلَيْـــتَنِى  بِمَحْضِ الْفَضْلِ وَاْلإِحْسَانِ يَاحَنَّانُ يَامَنَّانُ ﴿وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللهِ (النحل :53)
Yaa Allah, yang Maha Menyempitkan terhadap ahli pelaku sasar, Duhai Dzat yang mengangkat derajat ahli hidayah dan istiqomah. Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Abdul Qoobidh Ar-Rofi’ beserta keluarganya. 
Dengan Asma’-Mu Engkau rendahkan setiap orang yang berlaku maksiat, dan Engkau tinggikan derajat orang-orang yang taat dan mengikuti petunjuk-Mu. Dengan bacaan sholawat ini Engkau mengangkat derajat orang-orang yang telah Engkau limpahi kenikmatan dan dengan bacaan sholawat ini Rendahkanlah tingginya nafsuku sehingga tiada lagi makhluk yang memiliki nafsu berlebihan, tidak lagi melihat melihat kebenaran kecuali dengan menjalankan laku keutaman ndan kebaikan duhai Dzat yang Maha Memberi lagi Maha Menganugerahi “Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, semua itu datang dari Allah.”

﴿25-26﴾ اَللّٰهُمَّ يَامُعِزُّ مَنْ أَطَاعَهُ وَيَامُذِلُّ مَنْ عَصَاهُ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـمُعِزِّ الْـمُذِلِّ وَعَلٰى أٰلِهِ أَعَزِّ مَنْ خَلَقْتَ مِنْ عِبَادِكَ وَمَنْ عَصَاهُ فَهُوَ أَذُلٌّ مَنْ خَلَقْتَ مِنْهُمْ صَلَاةً تُعِزُّنِى بِـهَا بِكِفَيَاتِكَ عَنْ خَلْقِكَ وَبِطَاعَتِكَ وَمَعْرِفَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَتُــذِلُّ بِـهَا نَفْسِى وَشَيْطَانِى وَأَعْدَائِى فَلَا يَكُوْنُ لَهُمْ عَلَيَّ سُلْطَانُ شَهْوَةٍ وَلَا غَوَايَةٍ وَلَا قَهْرٍ يَاعَزِيْزُ يَاقَهَّارُ.
Yaa Allah, yang Maha Mengagungkan terhadap orang yang taat kepada-Nya dan menghinakan orang yang bermaksiat kepada-Nya. Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Abdul Mu’izz Abdul Mudzill beserta keluarganya. Agung-lah Dzat yang menciptakan  hamba-Nya dan bagi hamba-Nya yang bermaksiat kerendahanlah yang ia dapat. 
Dengan bacaan sholawat ini menjadi agunglah kecukupan yang Engkau berikan kepada makhluk-Mu untuk menjalani ketaatan dan kemakrifatan. Terhinalah kemasiatan nafsu syetanku, dan musuh-musuhku sehingga syahwat tersebut tidak lagi mengausai diriku duhai Dzat yang maha memaksa lagi maha Mulia.
﴿27-28﴾   اَللّٰهُمَّ يَاسَمِيْعُ يَابَصِيْرُ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الـسَّمِيْعِ الْبَصِيْرِ وَعَلٰى أٰلِهِ الَّذِى تَجَلَّيْتَ عَلَيْهِ بِقَوْلِكَ ﴿سُبْحَانَ الَّذِىْ أَسْرٰى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْـمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلٰى الْـمَسْجِدِ اْلأَقْصٰى الَّذِى بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ أٰيٰاتِنَا. إنَّهُ هُوَ (الإسراء : 1)﴾ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَأَلِهِ وَسَلَّمَ ﴿السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ (الإسراء : 1)﴾ صَلَاةً تَــكُوْنُ بِـهَا سَمْعِى وَبَصَرِىْ فَأُصْبِحُ مِمَّنْ يَسْتَمِعُوْنَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ أَحْسَنَهُ وَأُبْصِرُ بـِهَا عَجَائِبَ اٰيٰاتِكَ فىِ مَصْنُوْعَاتِكَ فَأَزْدَادُ إيْمَانًا عَلَى إيْمَانٍ وَإيْقَانًا عَلَى إيْقَانٍ يَارَحْمٰنُ.
Yaa Allah, yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Abdus Sami’ Abdul Bashir beserta keluarganya. 
Dengan Asma’-Mu ini menjadi agunglah Firman-Mu “Maha suci Alah, yang telah memperjalankan  hamba-Nya  pada suatu malam dari masjidil haram ke Masjidil Aqsho yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya   sebagian dari tanda-tanda kebesaran kami. Sesungguhnya Engkau maha Melihat lagi maha mendengar.” 
Dengan bacaan sholawat ini penglihatan dan pendengaranku berseri-seri dari orang-orang yang mendengar ucapan dan mengikuti laku kebaikan serta melihat keajaiban ayat-ayat-Mu yang berada di dalam penjagaan-Mu, maka bertambahlah iman diatas iman dan keyakinan diatas keyakinan duhai Dzat yang Maha Penyayang.  

﴿29-30﴾ اَللّٰهُمَّ يَاحَكَمُ يَاعَدْلُ يَامَنْ يَحْكُمُ فىِ كَوْنِهِ لَامُعَقِّبَ لِحُكْمِهِ وَيَا مَنْ حَرَّمْتَ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِكَ وَجَعَلْتَهُ بَيْنَ الْعِبَادِ مُحَرَّمًا وَأَمَرْتَ بِالْعَدْلِ بِقَوْلِكَ ﴿إعْدِلُوْا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى (المائدة : 8)﴾ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـحَكَمِ الْعَدْلِ وَعَلٰى أٰلِهِ الَّذِى أَنْزَلْتَ إِلَيْهِ الْكِتَابَ لِيَحْكُمَ بِمَا أَرَيْتَهُ فِيْهِ مِنْ أَحْكَامِكَ وَجَعَلْتَ عَلَامَةَ اْلإِيْمَانِ قَبُوْلَ حُكْمِهِ وَاْلإِسْتِسْلَامِ لِقَضَائِهِ, فَقُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ ﴿فَلَا وَرَبِّكَ لَايُؤْمِنُوْنَ حَتَّى يُحَكِّمُوْكَ فِيْمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَايَجِدُوْا فِى أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا (النساء : 65)  فَكَانَ أَحْكَمَ مَنْ عَدَلَ وَأَعْدَلَ مَنْ حَكَمَ صَلَاةً أَرْضَى بِـهَا بِأَحْكَامِكَ وَأَعْدِلُ بِـهَا فِى أَحْوَالِى وَأَعْمَالِى فَلَا غَضَبَ يَدْعُوْنِى إِلَى الْجَهْلِ أَوِ الظُّلْمِ وَلَا إفْرَاطٌ وَلَا تَفْرِيْطٌ فِى طَاعَةٍ وَلَا عِبَادَةٍ وَأَعْدِلُ فِى أَحْكَامِى فَلَا أَزِيْغُ أَوْأضِلُّ فَتَـهْدِيْنِى لِـمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ وَأَنْ أَرَى الْحَقَّ حَقًّا وَتَرْزُقَنِى اتِّبَاعَهُ وَأَرَى الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَتَرْزُقَنِى اجْتِنَابَهُ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا لِتَخْتِمَ لِى بِخَاتِمَةِ السَّعَادَةِ يَا اللهُ ﴿ذٰلِكُمْ حُكْمُ اللهِ يَحْكُمُ بَيْنَكُمْ وَاللهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ (الممتحنة : 10)
Yaa Allah, yang Maha Menhakimi lagi Maha Adil duhai Dzat yang Mengadili yang tiada tandingnya. Duhai Dzat yang mengharamkan kedzaliman yang berada pada Dzat-Mu, jadikanlah antara kedzaliman hamba-Mu sebagai hubungan yang terlarang dan perintahlah kepadanya seperti Firman-Mu B”erlaku adil-lah karena keadilan itu dekat dengan ketaqwaan” lagi Maha Melihat. 
Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Abdus Hakim Abdul ‘Adli beserta keluarganya. Dengan Asma’-Mu ini Engkau turunkan kitab sebagi undang-undang / hukum terhadap apa yang Engkau lihat didalamnya yang terdiri dari hukum-hukum-Mu dan Engkau jadikan sebagai tandanya iman dengan diterimanya hikmah dan berserah diri terhadap keputusannya. Firman-Mu lah yang benar “Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu sebagi hakim terhadap perkara yang mereka selisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati ada suatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.” Maka menjadi adil-lah Dzat yang mah Adil lagi Menghukumi. 
Dengan  bacaan sholawat ini hamba ridlo terhadap semua hukum-hukum-Mu dan hamba berbuat adil terhadap tingkahku, perilakuku, amalku maka janganlah Engkau marah terhadap ajakan menuju kebodohan dan kedzaliman dan gegabah dalam menjalankan ketaatan dan enggan beribadah, hamba bersikap adil terhadap hukum-hukum hamba, maka janganlah Engkau mengesampingkan atau menyesatkan hamba, berilah hamba petunjuk terhadap apa yang berlawanan dengan kebenaran atas izin dari-Mu, 
Limpahkanlah kepada hamba untuk bisa melihat kebenaran dengan sebenarnya dan berilah hamba rizki untuk dapat mengikuti (petunjuk-Mu). Limpahkanlah kepada hamba untuk bisa melihat kebathilan dan berilah rizku kepada hamba untuk dapat menjauhinya lahir dan batin agar di penghujung hamba sebagai orang yang beruntung  “demikianlah hukum Allah yang ditetapkan-Nya diantara kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Monetize your website traffic with yX Media

0 Response to "SHOLAWAT YUISRIYAH ASMA'UL HUSNA KE-04"

Posting Komentar