Monetize your website traffic with yX Media
Monetize your website traffic with yX Media

SHOLAWAT YUSRIYAH ASMA'UL HUSNA KE-07

yX Media - Monetize your website traffic with us
SHOLAWAT YUSRIYAH ALA KHOIRIL BARIYAH
BAGIAN KE TUJUH
Sholawat ini dikarang oleh Syukh Yusri Rasyid Sayyid Jabar Al Hasani Al Asyhary sosok Imam dan juga Khatib di masjid Al Asyrof di Muqattham. Pada bagian ini akan menjelaskan tentang doa yang tersimpan dibalik Asma’ Allah yang indah-indah itu. 


sepuluh Asma’ Allah yang menjadi bahasan pada kesempatan kali ini adalah Asma' yang ke : (41) Yaa Hasiibu (42) Yaa Jaliilu (43) yaa Kariimu (44) Ya Roqiibu (45) Yaa Mujiibu (46) Yaa Wasi'u (47) Yaa Hakiimu (48) Yaa Wadudu (90) Yaa Majiidu (50) Yaa Baitsu. Allah Dzat Yanag Maha menghitung / Mengkalkulasi, Yang Maha Mulia, yang Maha Mulia, Yang Maha Dekat dan Yang Maha Memperkenankan doa-doa. Berikut Asma’ dan doa-nya.

-﴿صلوات أسماء الحسنى﴾-
شَرْحُ الصًّلَوَاتِ الْيُسْرِيَّةِ عَلَى خَيْرِ الْبَرِيَّةِ: لِلْفَقِــيْرِ إِلَى اللهِ / يُسْرِى رُشْدِى السَّيِّدِ جَبْرُ

41.      أللّٰهُمَّ يَاحَسِيْبُ فىِ ذَاتِكَ وَصِفَاتِكَ جَلَالًا وَشَرَافًا وَكَمَالًا وَيَاسَرِيْعَ الْحِسَابِ وَيَارَبَّ الْعِبَادِ وَيَاكَافِى كُلِّ مَنِ اسْتَعَانَكَ وَوَالَاكَ فَنِعْمَ الْحَسْبُ أَنْتَ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـحَسِيْبِ وَعَلٰى أٰلِهِ الْحَسِيْبِ النَّسِيْبِ سَيِّدِ وَلَدِ آدَمَ الَّذِى اسْتَكْفَاكَ فَكَفَيْتَهُ وَاسْتَعَانَكَ فَأَعَنْـــتَهُ وَتَوَكَّـلَ عَلَيْكَ فَكُنْتَ حَسْبَهُ وَعَلَّمْتَهُ عَدَدَ السِّنِـــيْنَ وَالْحِسَابَ مِنْ حَرَكَةِ اْلأَفْلَاكِ لِيُعَلِّمَ النَّاسَ مَوَاقِيْتَ الصَّلَاةِ وَهِلَالَ رَمَضَانَ وَالأَشْهُرَ الْحَرَامَ لِأَدَاءِ الْحَجِّ وَالصِّيَامِ وَزَكَاةِ اْلأَمْوَالِ وَلِيُعَلِّمَ النَّاسَ كَيْفَ تُسْتَوْفَى الْحُقُوْقَ وَتَــتَيَسَّرُ لَهُمْ أَسْبَابُ الْـمَعَاشِ وَرَاحَةُ الْبَالِ وَقُلْتَ فِى مُحْكَمِ الْكِـــتَابِ ﴿هُوَ الَّذِىْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَآءً وَالْقَمَرَ نُوْرًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِـــيْنَ وَالْحِسَابَ (يونس : 5)﴾ صَلَاةً تَـــكُوْنُ بِـهَا حَسْبِىْ فَتَـــكْفِيَنِى وَتَـهْدِيَنِى لِأُحَاسِبَ نَفْسِى فَلَا تُطْغِيَنِى فَأَزْدَادَ إيْمَانًا وَإِحْسَانًا فَأَنْـــتَسِبَ إِلَى حَبِـــيْبَكَ وَمُصْطَفَاكَ الْقَائِلِ ﴿كُـلُّ سَبَبٍ وَنَسَبٍ مُنْقَطِعٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إلَّا مَا كَانَ مِنْ سَبَبِىْ وَنَسَبِىْ : (أخرجه البيـهقى)﴾ وَأَنَالَ مِنْ شَرَفِ قَوْلِكَ ﴿يٰآاَيُّــهَا النَّبِيُّ حَسْبُكَ اللهُ وَمَنِ اتَّـــبَعَكَ مِنَ الْـمُؤْمِنِـــيْنَ (الأنفال : 64)﴾ لِأَكُوْنَ مِمَّنْ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ وَلَا سَابِقَةِ عَذَابٍ يَارَبَّ الْعَالَـمِيْنَ فَأَنْتَ حَسْبِى وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ
Yaa Allah, Dzat yang Maha Mengkalkulasi didalam Dzat-Mu dan Sifat-Mu dengan ke-Agung-an, ke-Mulia-an dan ke-Sempurna-an. Wahai Dzat yang cepat dalam menghisab, Wahai Tuhan-nya para hamba, Wahai Dzat yang Mencukupi setiap orang yang meminta pertolongan-Mu dengan Pertolongan-Mu, Engkaulah sebaik-baiknya Dzat yang mengkalkulasi, dan Engkaulah sebaik-baik Dzat yang mewakili
Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad  Abdul Hasiib keturunan dari bani Adam beserta keluarganya. Nabi yang meminta  kecukupan dengan-Mu dan Engkau pun mencukupinya. Nabi yang meminta pertolongan dan berserah diri kepda-Mu dan Engkaupun menolongnya, amak Engkau pun mengkalkulasinya dan mengajarinya bilangan tahun dan tata cara menghisab peredaan galaksi agar beliau mengajari manusia mengetahui waktu shalat, menghirung hilal Ramadhan, menghitung bulan-bulan mulia untuk menunaikan ibadah haji dan puasa di bulan Ramadahan dan perhitungan (jumlah dan nishab) zakat harta. Dan mengajari manusia bagaimana tata cara (sesuai perhitungan) untuk memenuhi janji-janji dan memudahkan mereka tentang menjalani kehidupan dan enaknya kehidupan. Dan Engkaupun berfiman dalam surat Yunus ayat 5 “Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungannya (waktunya)”
Dengan bacaan sholawat ini, hamba berharap Engkau mengkalkulasi kebutuhanku, mencukupinya, memberi hidayah kepada hamba, agar hamba dapat intropeksi diri, dan jangan jadikan hamba sebagai orang yang sombong. Dengan demikian maka semakin bertambahlah iman dan ihsan hamba sehingga Engkau mau memasukkanku kedalam golongannay kekasih-Mu, nabi Pilihan-Mu yang pernah bersabda “eklak di hari kiamat semua nasab dan bangsa akan terputus kecuali nasabku dan bangsaku” dan (akhirnya) hamba pun memperoleh kemuliaan Firman-Mu “Wahai Nabi, cukuplah Allah yang menjadi pelindung bagimu dan orang-orang mukmin yang mengikutimu ” agar supaya hamba tergolong orang yang masuk surga tanpa hisab dan tidak didahului dengan siksaan, wahai Tuhan seluruh alam, kepada-Mu lah hamba berserah diri.

42.      أللّٰهُمَّ يَاجَلِيْلُ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـجَلِيْلِ وَعَلٰى أٰلِهِ الَّذِى تَجَلَّيْتَ عَلَيْهِ بِصِفَةِ الْجَلَالِ فَحَلَّيْتَهُ بِالْهَيْبَةِ وَالْوَقَارِ فَلَمْ يَنْظُرْهُ إنْسَانٌ إلَّا أَخَذَتْهُ رِعْدَةٌ تَحْمِيْهِ مِنْ سُلْطَانِ جَمَالِ طَلْعَتِهِ فَصَارَ جَلَالُهُ نِقَابًا لِجَمَالِهِ فَلَا يَفْتَـــــتِنُ نَاظِرُهُ كَمَا حَدَثَ لِصَوَاحِبِ يُوْسُفَ وَلَا يَـــتَجَرَّأُ عَلَيْهِ سَفِيْنَةٌ لِــكَمَالِ تَوَاضُعِهِ فَصَارَ الْجَلَالُ حِصْنًا اِحْتَمَى فِيْهِ الْجَمَالُ تَوْقِرًا لَهُ مِنَ السُّفَهَاءِ وَأَهْلِ الْجُرْأَةِ وَحِمَايَةً لِأَصْحَابِهِ مِنْ سُلْطَانِ جَمَالِهِ, صَلَاةً أُجِلُّ بِـهَا قَدْرَ هَذَا النَّبِيِّ صَاحِبِ الْجَلَالِ وَالْجَمَالِ فَأَحْتَمِيَ بِحِمَاهُ وَاَسْئَلُكَ سَبِيْلَهُ سَبِيْلَ الرَّشَادِ وَتُوْرِثَنِى شَيْئًا مِنْ جَلَالِهِ يَحْمِيْنِى مِنْ تَطَاوِلِ أَهْلِ الْجُرْأَةِ عَلَيَّ يَاذَاالْجَلَالِ وَاْلِإكْرَامِ.
Yaa Allah, Dzat yang Maha Mulia Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad  Abdul Jalil, Nabi yang Engkau agungkan dengan sifat Jalal, maka dari itu Engkau lepaskan kewibawaan-Mu dengan wibawa dan kehormatan maka dari itu tiada satupun manusia saat memandangnya menjadi gemetar yang disebabkan oleh sifat Jamal-nya yang cumleret. Maka jadilah kemuliaannya semakin menjadi-jadi. Dan kemuliaan yang bertingkat-tingkat ini tidak seperti kemuliaan yang dimiliki oleh Nabi Yusuf (yang menjadi fitnah bagi para wanita) dan tidak pula seperti samudera yang menenggelamkan kapal (membahayakan) itu semua terjadi karena sifat kesempurnaan tawadhu’nya sehingga kemuliaan beliau menjadi benteng yang kokoh yang didalamnya terdapat kemuliaan yang bertingkat-tingkat yang membentengi dirinya dari orang-orang bodoh dan ahli lacut. Selain itu, kemuliaan yang dimilikinya juga mampu melindungi para sahabatnya dari kerajaan keagungan.
Dengan bacaan sholawat ini bertambah mulia-lah keduukan Nabi ini, Nabi pemilik kemuliaan dan keindahan. Maka dari itu hamba berlindung didalam bentengnya dan memohon kepada-Mu aliran jalan petunjuk-Mu dan berharap dapat mewarisi sesuatu dari kemuliaannya agar terhindar dari orang-orang yang lacut duhai Dzat yang Maha Pemilik Keagungan dan Kemuliaan secara mutlak. 
43.      أللّٰهُمَّ يَاكَرِيْمُ فِى ذَاتِكَ رِفْعَةً وَفِى صِفَاتِكَ جَمَالًا وَفِى أَفْعَالِكَ عَطَاءً وَبَذْلًا مِنْ قَبْلِ طَلَبِ الطَّالِبِـــيْنَ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـكَرِيْمِ وَعَلٰى أٰلِهِ كَرِيْمِ الذَّاتِ شَرَفًا وَرِفْعَةً جَمِيْلِ الصِّفَاتِ خَلْقًا وَخُلُقًا دَائِمِ الْعَطَاءِ مِنْ خَزَائِنِ رَبِّ الْعِبَادِ وَكَيْفَ لَا قَدْ أُرْسِلَ رَحْمَةً لِلْعَالَـمِــيْنَ وَفىِ كَرَمِهِ كَاالسَّحَابِ الْـمُرْسَمَةِ تَعُمُّ كُلَّ الْعِبَادِ وَالْبِلَادِ وَالدَّوَابِ فَهُوَ لِلْأَكْوَانِ الْيَدُ الْعُلْيَا الَّتِى هِيَ خَيْرٌ مِنَ الْيَــدِ السُّفْلَى فَصَارَ عَائِلًا لِلْأَكْوَانِ مِنْ خَزَائِنِ الْكَرِيْمِ ﴿وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنٰى (الضحى : 8)﴾ صَلَاةً تُوْرِثُنِى كَرَمًا وَرِفْعَةً فىِ ذَاتِى وَجَمَالًا فِى صِفَاتِى وَأَخْلَاقِى وَعَطَاءً لِكُلِّ مَنْ سَأَلَنِى وَرَجَائِى حَتَّى اَسَعَ النَّاسَ بِأَخْلَاقِى إنْ لَمْ أَسَعْهُمْ بِأَمْوَالِى يَااَللهُ يَاغَنِيُّ يَاكَرِيْمُ.
Yaa Allah, Dzat yang Maha Mulia dalam Dzat-Mu terdapat keluhuran, Di dalam Sifat-Mu terdapat Keindahan, didalam Af’al-Mu pemberian dan kedermawanan sebelum sang peminta memintanya. Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad  Abdul Kariim beserta keluarganya yang mulia. Nabi yang mulia dan luhur secara dzat-nya, yang Pemiliki sifat yang indah baik dalam fisiknya maupun akhlaknya, abadi dalam memberi dari gudang simpana-Nya Tuhan bagi seluruh hamba. Lants bagaimana (dengan sifat yang demikian ini) beliau diutus bukan sebagai pembawa rahmat bagi seluruh alam? Sedangkan kemuliaannya bagaikan awan yang menaungi seluruh manusia, negara, binatang. Dalam kenyatannya dialah pemilik tangan yang diatas, dan yang demikian itu lebih baik dari pada tangan yang dibawah. Dengan demikian beliau menjadi seorang nabi yan fakir dari gudang simpanan-Nya Dzat yang Mulia. Spesuai Firman-Mu “dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan
Dengan bacaan sholawat ini ang dapat mewarisiku kemuliaan dan keluhuran dalam dzat-ku, keindahan dalam sifat dan akhlak-ku, memberi kepada siapa saja yang meminta dan berharap kepadaku, sehinga umat manusia dapat merasakan indahnya akhlakku, jika memang hartaku tidak bisa memuaskanny, Duhai Alloh, Dzat yang Maha Kaya lagi Maha Mulia.   
44.        أللّٰهُمَّ يَارَقِيْبُ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الرَّقِــيْبِ وَعَلٰى أٰلِهِ, الَّذِى كَانَ مِنْ كَمَالِ مُرَاقَبَةٍ لِرَبِّــهِ تَنامُ عَيْنُهُ وَلَايَنَامُ قَلْبُهُ فَصَارَ مَحَلًا لِتَجَلِّيَاتِ مَوْلَاهُ الْـمُنْعَقِسَةِ مِنْهُ عَلَى سَائِرِ اْلأَكْوَانِ رَحْمَةً لِلْعَالَـمِيْنَ, مُرَاقَبًا لِلْأَكْوَانِ رَقَيَةَ رَحْمَةٍ وَهِدَايَةٍ وَشَفَاعَةٍ وَحَجَّةٍ وَبُرْهَانٍ, صَلَاةً أَتَعَلَّقُ بِالرَّقِيْبِ حَيَاءً مِنْ رِقَابَـــتِهِ فَلَا أَعْصِيَهُ وَرَقَبَةً لِلْقَلْبِى فَلَا يَغْفَلُ, وَلِرُوْحِى فَلَا تَفْتُرَ وَلِسِرِّىْ فَلَا يَغِيْبَ عَنْ رُؤْيَةِ مَوْلَاهُ فَأَقُوْمَ بِحَقِّ رِعَايَةِ لِظَاهِرِىْ وَبَاطِنِى فَكُـــلُّـــكُمْ رَاعٍ مَسْؤُوْلٌ عَنْ رَعِــيَــتِهِ, وَأَنْ أَرْقُبَ سَيِّـدَنَا مُحَمَّدًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ فِى أَهْلِ بَــيْتِهِ قِيَامًا بِحَقِّهِمْ وَفَنَاءً فِى حُبِّـهِمْ, وَأَنْ أَرْقُبَ اللهَ فِى خَلْقِهِ فَلَا أَظْلِمَهُمْ وَلَا أَخْذُلَهُمْ وَلَا أَحْقِرَهُمْ بَلْ أَنْصَحَهُمْ وَأَرْعَاهُمْ لِوَجْهِكَ يَااَللهُ يَامَنْ هُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ رَقِيْبٌ.
Yaa Allah, Dzat yang Maha Dekat, Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Abdur Roqiib beserta keluarganya. Nabi yang selalu bermuraqabah (mendekatkan diri) kepada Tuhan-nya, yang kelihatan matanya tertutup namun sejatinya hatinya tak pernah tidur. Maka jadilah beliau seorang Nabi yang menjadi tempatnya keagungan menurut Tuan-nya, yang mendapat ujian mengalahkan ujian seluruh alam sebagai pembawa rahmat bagi seluruh alam. Nabi yang selalu muraqabah untuk alam dengan membawa rahmat, hidayah, syafaat, hajat dan hujjah.
Dengan bacaan sholawat ini hamba gantungkan muraqabah-ku karena malu akan muraqabahnya. Maka hamba tidak akan bermaksiat kepadanya dengan harapan hatiku tidak lupa akan beliau, ruhku tidak kesepian akan beliau, sirr-ku tidak kehilangan perhatian terhadap Tuhan-nya. Maka hamba berdiri tegak dengan perhatian secara lahir dan batin dengan sesungguhnya. Kalian semua adalah penggembala, maka suatu hari nanti akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yan digembalakannya. Dan hamba mendekatkan diri kepada junjungan kami Nabi Muhammad melalui keturunannya dengan berdiri (sebagai penghormatan) karena itu adalah hak-nya dan hamba hilang diri dalam kecintaan terhadap mereka. Dan hamba mendekatkan diri kepada-Mu melalui makhluk-Mu, maka jangan aniaya mereka, jangan hinakan mereka dan jangan rendahkan mereka, akan tetapi nasehati dan perhatikanlah mereka menuju ke Arah-Mu yaa Allah Dzat Maha Dekat terhadap segala sesuatu.   
45.      أللّٰهُمَّ يَامُجِيْبُ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـمُجِيْبِ وَعَلٰى أٰلِهِ أَوَّلِ مُجِيْبٍ (كُنْ) الْـمُوَجَّهِ لِلْـمَعْلُوْمِ الْـمَعْدُوْمِ الْـمُرَادِ إجَادُهُ, فَكَانَ أَوَّلَ مَوْجُوْدٍ وَأَوَّلَ مُجِيْبٍ لِلْعَهْدِ اْلأَوَّلِ يَوْمَ ﴿أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ (الأعراف : 172)﴾ فَقَالَ : بَلَى, وَأَوَّلَ الْـمُسْلِمِيْنَ وَأَوَّلَ الْعَابِدِيْنَ وَأَوَّلَ مُجِيْبٍ لِنِدَآءِ الْبَعْثِ وَالنُّشُوْرِ بِقَوْلِ : (أنَا سَيِّدُ وَلَدِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا فَخْرَ, وَأَنَا أَوَّلُ مَنْ تَنْشَقُّ عَنْهُ اْلأَرْضُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا فَخْرَ. (أخرجه الستة إلا البخارى) ) صَلَاةً تُوْرِثُنِى بِـهَا إِجَابَةٌ لِكُلِّ دَاعٍ لِلْخَيْرِ, فَأَكُوْنَ أَهْلًا لِإسْتِجَابَةِ الدُّعَاءِ وَقَبُوْلِ الرَّجَاءِ مَعَ الْـمُقَرَّبِـــيْنَ يَامُجِيْبُ يَااَلله.
Yaa Allah, Dzat yang Maha Memperkenankan Doa-doa, Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad  Abdul Mujiib beserta keluarganya. Nabi yang pertama kali memperkenankan (KUN) yang dihadapkan terhadap sesuatu yang belum terwujud sehinga menjadi ada karena terkabulnya permintaan beliau . Maka beliaulah yang pertama kali yang diperkenankan wujud bagi janji di hari pertama “Apakah Aku bukan Tuhanmu? ” maka beliau menjawab “Iya” dan beliaulah pertama kalinya orang muslim dan pertama kalinya penyembah Allah, pertama kalinya orang yang permintaanya dikabulkan untuk perutusan dan kebangkitan dengan berkata “Akulah tuannya anak Adam di hari kiamat dan bukan yang lain. Saya adalah orang yang pertama kali membedah bumi di hari kiamat, dan bukan yang lain”
Dengan bacaan sholawat ini wariskanlah terhadapku keterkabulkannya semua doa untuk (demi) kebaikan sehingga menjadikanmu sebagi orang yang ahlidikabulkan doa-doannya, dan dikabulkan semua harapannya bersama orang-orang yang dekat dengan-Mu yaa Allah Dzat yang Maha Memperkenankan doa.


46.      أللّٰهُمَّ يَاوَاسِعُ يَامَنْ وَسِعْتَ كُلَّ شَيْئٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـوَسِيْعِ وَعَلٰى أٰلِهِ الَّذِىْ وَسِعْتَ بِهِ اْلأَكْوَانَ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَوَسِعَ النَّاسَ هِدَايَةً وَعَطَاءً وَشَفَاعَةً وَخُلُقًا وَوَسِعَ الْجَاهِلَ عِلْمًا وَحِلْمًا صَلَاةً تُوَسِّعُ بها عَلَيَّ وَمَنْ مَعِيَ فِى الرِّزْقِ وَالْعِلْمِ وَالْفَهْمِ حَتَّى أَسَعَ كُلَّ مَنْ سَأَلَنِى وَلَا أُخَيِّبَ رَجَاءَ مَنْ قَصَدَنِى تَخَلُقًا بِأَخْلَاقِ نَبِيِّكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمْ يَاوَاسِعُ يَاعَلِيْمُ يَاحَكِيْمُ.
Yaa Allah, Dzat yang Maha Meluaskan, Duhai Dzat Yang Maha meluaskan segala sesuatu dengan penuh rahmat dan Pengentahuan, Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad  Abdul Wasii’ beserta keluarganya. Nabi yang telah Engkau luaskan diatas segala keadaan dengan rahmat dan Ilmu-Mu, maka luaslah petunjuk dan kelimpahan syafaat serta akhlak bagi manusia, dan yang melesakkan kebodohan dengan ilmu pengetahuan serat kebijaksanaan.
Dengan bacaan sholawat ini luaskanlah rizqi hamda, ilmu hamba, kefahaman hamba dan orang-orang yang bersama hamba sehinga hamba dapat menjawab segala pertanyaan dan memberi segala permintaan dari orang-orang yang meminta kepada hamba. Dan janganlah Engkau sia-siakan harapan orang-orang yang memintaku dengan pelayanan akhlak sesuai dengan akhlak nabi-Mu nunjungan kami nabi Muhammad duhai Dzat yang Maha luas, maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.   
47.      أللّٰهُمَّ يَاحَكِيْمُ يَامَنْ تُؤْتِى الْحِكْمَةَ مَنْ تَشَآءُ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـحَكِيْمِ وَعَلٰى أٰلِهِ الَّذِى أٰتَيْتَهُ الْكِـتَابَ وَالْحِكْمَةَ لِيُعَلِّمَنَا وَيُزَكِّــيْنَا صَلَاةً تُوْرِثُنِى بِـهَا حِكْمَةً مِنْ حِكْمَتِهِ فِى أَقْوَالِى وَأَفْعَالِى وَعَقْلِى وَوِجْدَانِى حَتَّى أُتْقِنَ وَأُحْكِمَ مَا أَقَمْتَنِى فِيْهِ وَأَرَدْتَهُ مِنِّى فَإِنَّكَ تُحِبُ مِن الْعَبْدِ إذَا عَمِلَ عَمَلًا اَنْ يُـــتْقِنَـــهُ يَااَللهُ يَاحَكِيْمُ يَامَنْ أَتْقَنَ كُلَّ شَيْئٍ
Yaa Allah, Dzat yang Maha Menghukumi, duhai Dzat yang Maha memberi hikmah kepada siapa saja yang Engkau Kehendaki, Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad  Abdul Hakiim beserta keluarganya. Nabi yang telah Engkau limpahi kitab dan hikmah untuk mengajarkan kita dan membersihkan kita (dari dosa-dosa)
Dengan bacaan sholawat ini wariskanlah kepada hamba hikmah dari hikmahnya dalam setiap ucapaknku, perbuatanku, akalku, penemuanku, hingga sesai dengan keyakinan  dan hukum yang menjadi panutan hamba, sebab Engkaulah Dzat Yang mencintai hamba yang beramal dengan amalan sesuai dengan keyakiannya duhai Allah, Dzat yang Maha menghukumi, Duhai Dzat Yanag Maha menegakkan (keyakinan) segala sesuatu.  
48.      أللّٰهُمَّ يَاوَدُوْدُ يَاحَبِيْبُ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـوَدُوْدِ وَعَلٰى أٰلِهِ الَّذِى جَعَلْتَهُ مَظْهَرًا لِوُدِّكَ لِخَلْقِكَ فَهُوَ حَبِــيْبُكَ وَأَنْتَ حَبِـــيْــبُهُ أَرْسَلْتَهُ لِخَلْقِكَ فَمَنْ آمَنَ بِهِ أحْــبَــبْـتَهُ فَوَالَيْــتَهُ بِنَصْرِكَ وَرِعَايَـــتِكَ وَرَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَعَلَّمْتَــهُمُ الْقِيَامَ بِحَقِّ وُدِّكَ فَصِرْتَ لَهُمْ حَبِـــيْــبًا وَصَارُوْا لَكَ أَحْبَابًا صَلَاةً تَجْعَلُنِى مِمَّنْ قُلْتَ فِيْـهِمْ ﴿يَأْتِيَ اللهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّوْنَهُمْ وَيُحِبُّوْنَهُ (المائدة : 54)﴾ وَمِمَّنْ قُلْتَ فِيْـهِمْ ﴿إنَّ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمٰنُ وُدًّا (مريم : 96)﴾ فَتُؤْنِسَ وَحْشَتِى وَتُغْفِرَ زَلَّتِى وَتَقْبَلَ دَعْوَتِى وَتَرْفَعَ هِمَّتِى يَارَحِيْمُ يَاغَفُوْرُ يَاوَدُوْدُ يَااللهُ.
Yaa Allah, Dzat yang Maha Mengasihi lagi maha Mencintai, Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad  Abdul Wadud beserta keluarganya. Nabi yang telah Engkau munculkan karena kecintaan-Mu terhadap makhluk-Mu, maka jadilah beliau   sebagai kekasih-Mu, Nabi yang Engkau utus untuk makhluk-Mu. Barang siapa beriman kepadanya maka Engkau Akan Mencintainya dan melindunginya dengan pertolongan-Mu, dengan Pemeliharaan-Mu, dengan Rahmat-Mu, dengan Ampunan-Mu dan menuntn mereka untuk berdiri tegak diatas kebenaran, sehinga mereka benar-benar menajdi keksih-Mu, menjadi Cinta-Mu.
Dengan bacaan sholawat ini, jadikanlah hamba yang tergolong orang yang ada di dalam Firman-Mu “Kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum dimana Allah akan mencintainya dan merekapun  mencintai-Nya” Dan jadikanlah hamba kedalam golongan orang yanga ada didalam Firman-Mu “Sesunggunya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha pemurah akan menanamkan dalam hati mereka rasa kasih sayang ” Maka menjadi tenanglah kegelisahan hamba, dan terampuni kesalahan-kesalahan hamba, da terkabullah doa-doa hamba, dan hilanglah kesemitan hamba duhai Dzat yang maha pemurah, Dzat Yang maha pengampun, Dzat Yang Maha Penyayang, Yaa Allah.

49.      أللّٰهُمَّ يَامَجِيْدُ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـمَجِيْدِ وَعَلٰى أٰلِهِ مَجِيْدِ الذَّاتِ وَالصِّفَاتِ وَاْلأَفْعَالِ, صَلَاةً تُوْرِثُنِى بِـهَا مَجْدًا ذَاتِــيًّا بِرَفْعِ الْهِمَّةِ إلَيْكَ وَمَجْدًا فِى صِفَاتِى بِحُسْنِ اْلأَخْلَاقِ وَمَجْدًا فِى أَفْعَالِى بِالْــــتِــــزَامِ اْلأَدَبِ لِأَقْرُبَ مِنْ جَنَابِ الْحَضْرَةِ الْحَمِيْدِ الْـمَجِيْدِ يَامُجِـــيْبُ.
Yaa Allah, Dzat yang Maha Mulia, Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad  Abdul Majiid beserta keluarganya yang mulia secara dzat, sifat dan perangainya.dengan bacaan sholawat ini, limpahkanlah kepada hamba kemuliaan secara dzat dengan mengangkat cita-cita dan harapan hamba kepada-Mu, dan limpahkanlah kepada hamba kemuliaan dalam sifat hamba dengan bagusnya akhlak, dan limpahkanlah terhadap perilaku hamba dengan selalu menekuni sopan santun agar supaya hamba dapat berada di sisi Dzat yang Maha Terpuji, Dzat Yang maha Mulia, Dzat Yang Maha Memperkenankan doa-doa.  
50.      أللّٰهُمَّ يَابَاعِثُ صَلِّ وَسّلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِ الْـبَاعِثِ وَعَلٰى أٰلِهِ, الَّذِىْ جَعَلْتَهُ بَاعِثًا لِلْوُجُوْدِ مِنْ حَضْرَةِ الْعَدَمِ بِقَوْلِكَ ﴿وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَـمِــيْنَ (الأنبيآء : 107)﴾ وَبَاعِثًا لِلْهِدَايَةِ فِى نُفُوْسِ أَهْلِ الْغَوَايَةِ بِقَوْلِكَ ﴿وَإِنَّـكَ لَتَـهْدِىْ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ (الشورى : 52)﴾ وَبَاعِثًا لِلْأَرْزَاقِ الْعِبَادِ حِسًّا وَمَعْنًى بِدَلِيْلِ : (إنَّمَا أَنَا قَاسِمٌ, وَاللهُ يُعْطِي (أخرجه أبوا يعلى )) صَلَاةً تَجْعَلُنِى بَاعِثًا لِنَفْسِى وَلِـمَنْ تَعَلَّقَ بِى, إِلَى حَضْرَةِ عَلَّامِ الْغُيُوْبِ بِمُجَرَّدِ النَّظْرَةِ وَاْلإِشَارَةِ بِالْحَالِ وَالْـمَقَالِ وَتَبْعَثُنِى عَلَى خَيْرِ حَالَةٍ يَابَاعِثُ يَاوَهَّابُ.
Yaa Allah, Dzat yang Maha Mengasihi lagi maha Membangkitkan, Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad  Abdul Baa’itsu beserta keluarganya. Nabi yang telah Engkau jadikan pembangkit dalam perwujudan, yang asalhnay dari ketiadaan menajdi ada sebab Firman-Mu “Aku tidak mengutusmu (Muhammad ) selain sebagai pembawa rahmat untuk sekalian alam ” Nabi yang membangitkan utnuk memperoleh petunjuk di hati para pelaku kejahatan, atas Firman-Mu “Dan sesungguhnay engkau merupakan pembawa petunjuk pada jalan yang lurus” Dan nabi yang membangkitkan untuk mendapatkan rizqi secara maknawai dan indrawi, sesuai dalil hadits “Sesungguhnya saya (nabi Muhammad adalah sang pembagi, Demi Allah Dzat yang Memberi)”
Dengan bacaan sholawat ini, bangkitkanlah hamba sebagai orang yang mandiri menuju kehadlirat-Mu Dzat Yang mengetahui hal-al yang gaib, satu-satunya Dzat yang maha Melihat dan mmeberi isyarat dengan hal serta Firman, dan memerintahkan hamba untuk selalu berbuat kebaikan, duhai Dzat yang maha membangkitkan lagi maha Pemberi.
Monetize your website traffic with yX Media

0 Response to "SHOLAWAT YUSRIYAH ASMA'UL HUSNA KE-07"

Posting Komentar